SUARA

Kemenag Buteng: Satu Jamaah Menghabiskan Sekitar Rp 60 Juta

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Berdasarkan hasil rapat Kementerian Agama dan DPR RI, Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) khusus Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui penerbangan embarkasi merupakan termahal dibanding dengan daerah lain.

“Hal ini disebabkan jarak tempuh penerbangannya cukup jauh sehingga jumlah pembiayaanya juga besar,” jelas Kepala Kantor Kementerian Agama Buton Tengah (Buteng), Mansur, kepada SultraKini.Com, Kamis (4/5/2017).

Adapun BPIH yang dibebankan pada setiap jamaah sebesar Rp 38.972.250 dengan penyetoran awal sebesar Rp 25 juta dan sisanya dilunasi tiga bulan sebelum pemberangkatan. 

yamaha

“Jadi batas untuk pelunasannya sampai besok dan mereka berangkat pada bulan Agustus, jika mereka tidak melunasi itu maka tahun depan baru bisa ikut,” ucap Mansur.

BPIH ini telah dikeluarkan oleh jamaah akan kembali juga kepada mereka sendiri. Seperti tiket pulang pergi dari embarkasi sampai ke Bandara Internasional King Abdul Azis, pemberian uang belanja saat pemberangkatan, pengurusan paspor, selanjutnya biaya pemondokan selama Mekkah dan sebagainya.

“Jadi untuk satu jamaah bisa menghabiskan sekitar Rp 60 juta, jadi ada sekitar 20an yang ditanggung oleh pemerintah,” jelasnya.

Laporan: Ali Tidar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.