Kemenpar Bakal Daratkan Maskapai Garuda ke Wakatobi

  • Bagikan
Pertemuan sinergitas lintas tata kelola destinasi pariwisata Kabupaten Wakatobi, Sultra di Hotel Grand Clarion Kendari. 9Foto: Nova Aliza/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI rencananya akan memilih maskapai Garuda Indonesia untuk mendarat di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Niat itu ditujukan untuk mendorong peningkatan kunjungan wisata nusantara maupun mancanegara.

Dipilihnya Garuda Indonesia kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Prioritas Kementerian Pariwisata RI, Widyanti Bandia, dikarenakan bukan milik swasta.

“Karena akses ke Wakatobi dalam hal ini transportasi udara masih sangat kurang, untuk itu kita dari Kemenpar meminta kepada pihak perhubungan untuk membantu memudahkan pengurusan izin kepada maskapai yang kami pilih. Kasian kalau hanya cuma satu maskapai beroperasi, lebih lagi waktu penerbangannya sangat terbatas,” ucap Widyanti usai membawakan materi di pertemuan sinergitas lintas tata kelola destinasi pariwisata Wakatobi di Hotel Grand Clarion Kendari, Rabu (2/8/2017).

Tambahan maskapai penerbangan, juga dinilai membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Misalnya biro perjalanan dan usaha travel.

“Tanpa disadari masyarakat Wakatobi telah terlibat langsung dalam pengelolaan wisata Wakatobi dengan begitu pertumbuhan ekonomi masyarakat akan meningkat,” terang Widyanti.

Aspek lain yang menjadi perhatian Kemenpar RI, yakni kerja sama semua pihak pemerintah terkait dalam memenuhi kebutuhan para wisatawan.

“Untuk mendukung banyak kunjungan ya harus ada atraksi wisatanya, aksesnya dipermudah dan kelengkapannya harus tersedia. Kalau tiga itu tidak ditinggalkan, Insya Allah pengunjung akan meningkat,” tambahnya.

Target itu juga disambut positif Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Danar. Dia berharap, kunjungan wisatawan bisa meningkat di wilayah yang kaya akan wisata baharinya itu.

“Saya berharap kepada Kementerian Perhubungan agar pengurusan izin Garuda Indonesia dipermudah dan bisa beroperasi secepatnya,” kata Danar.

Menurut General Manager Garuda Indonesia Cabang Kendari, Karyadi, persiapan pendaratan maskapai tersebut telah mencapai 95 persen. “Lima persennya itu adalah putusan dari yang kuasa,” ujar Karyadi. 

Garuda Indonesia rencananya akan membuka rute penerbangan Bali-Wakatobi dan Wakatobi-Makassar.

Laporan: Nova Aliza

  • Bagikan