Kenali 5 Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda

SULTRAKINI.COM: Umumnya uban muncul pada orang yang berusia lanjut. Uban kerap kali diidentikan dengan penuaan. Tidak hanya pada orang lanjut usia, rambut berubah bisa terjadi pada usia muda.

Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih yang diakibatkan oleh perubahan atau berkurangnya kadar melanin dalam rambut. Hal inilah yang membuat rambut memutih.

Umumnya, ini dialami oleh orang berusia lanjut. Tidak sedikit remaja yang sudah menemukan helaian rambut putih di kepalanya.

Berikut ini beberapa penyebab uban di usia muda.

1. Keturunan
Studi yang dilakukan University College London, Inggris pada 2016, rambut berubah tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan. Faktor keturunan ikut mempengaruhi hal tersebut. Hasil studi ini menyatakan, adanya varian gen terkait dengan uban. Hal ini terungkap setelah para peneliti menganalisis rambut 6 ribu orang Amerika Latin.

Gen ini rupanya diturunkan langsung oleh orang tua, sama dengan kebotakan yang disebabkan oleh faktor keturunan.

2. Mengalami perubahan hormon
Hormon juga memengaruhi rambut pada usia muda. Misalnya, perubahan tekstur, kepadatan, dan warna. Proses ini dimulai paling lambat ketika berusia 30 tahun.

yamaha

Para ahli sendiri masih berusaha memahami bagaimana hormon seperti estrogen, progesteron, dan kortisol memicu pertumbuhan uban.

3. Kondisi kesehatan
Ada beberapa kondisi kesehatan yang menjadi penyebab rambut memutih. Salah satunya penyakit autoimun yang menyerang kulit. Penyakit ini disebut alopecia areata. Orang akan mengalami bercak-bercak kecil di kulit kepala dan mengalami kerontokan.

“Ketika tumbuh kembali yang tumbuh adalah rambut putih,” ucap ahli dermatologi di New York University Langone Medical Center, Doris Day.

4.Terlalu stres
Meskipun hubungan stres dan rambut berubah masih diperdebatkan secara medis. Tapi, stres juga diketahui akan mempercepat genetik termasuk munculnya uban lebih cepat.

Sebuah penelitian dilakukan oleh New York University pada 2013 membuktikan adanya hubungan antara stres dan menipisnya folikel rambut pada tikus.

5. Asap Rokok
Sebuah penelitian dipublikasikan oleh India Dermatology Online Jurnal pada 2013 menyatakan, perokok memiliki peluang 2,5 kali lebih besar untuk beruban di usia muda. Ini disebabkan oleh jumlah radikal bebas yang terdapat pada asap rokok.

Asap rokok tidak hanya menyebabkan gangguan pernapasan. Tapi memengaruhi warna rambut.

Sumber: CNN
Laporan: Ilam Sari

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.