Kenali Kondisi Kesehatan Dari Warna Urine

Admin - Tak Berkategori
  • Bagikan
ilustrasi (Foto: Pixabay/ frolicsomepl)

SULTRAKINI.COM: Saat bangun tidur maupun saat dalam cuaca dingin, berkemih menjadi salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan. Namun terkadang tak pernah disadari selama berkemih apa warna urine yang dikeluarkan.

Warna urine ini perlu diperhatikan mulai hari ini. Karena warna urine bisa menunjukkan bahwa tubuh sedang bermasalah.

“Warna urine ini bisa menunjukkan tingkat dehidrasi seseorang,” ungkap Spesialis Urologi dari klikdokter, dr.Firtantyo Adi Syahputra, Sp.U, kepada VIVA saat ditemui di Balai Kartini Jakarta, Rabu 20 Desember 2017.

Berikut ini beberapa warna urine yang menandakan kondisi kesehatan.

1. Warna bening

Warna ini bisa menandakan cukup air putih. Hal ini bisa juga menandai lancar dan optimalnya sistim metabolisme tubuh kita.

2. Warna kuning pekat

Warna ini menandakan kekurangan air putih. Disarankan untuk menggonsumsi air mineral minimal 8 gelas per hari.

3. Warna kuning kecoklatan

Jika saat berkemih warna kuning kecoklatan ini menandakan perlu waspada. Pasalnya, warna ini menandakan akan datangnya masalah pada ginjal. Minumlah air putih yang banyak agar kepekatannya berkurang.

4. Warna merah seperti teh

Selama berkemih, jika melihat urine merah seperti teh menandakan tubuh mengalami penyakit tumor, hepatitis hingga liver.

Sedangkan untuk mengetahui penyakit dari bau, dia menyebut hingga kini belum bisa ditemukan.

“Kalau dari bau agak susah, yang akurat sih bisa tes namanya urinenalisa nanti disitu cek semua mulai dari sel darah merah, sel darah putih dan lain-lain,” ujarnya. 

Sumber: viva.co.id

  • Bagikan