Kenali Nama Samaran ‘Gula’ Dalam Kemasan Produk

  • Bagikan
Kenali Nama Samaran ‘Gula’ Dalam Kemasan Produk(Foto: Brillio)
Kenali Nama Samaran ‘Gula’ Dalam Kemasan Produk (Foto: Brillio)

SULTRAKINI.COM: Gula merupakan tipe karbohidrat sederhana alias berindeks glikemik tinggi. Artinya, ia sangat mudah terurai menjadi glukosa sehingga meningkatkan kadar gula darah.

Ada beberapa nama gula yang anda tahu? Jika selama ini anda sering menggunakan gula pasir sebagai campuran makanan dan minuman, ternyata masih banyak nama lain gula yang biasa muncul pada label kemasan makanan. Gula bukan hanya gula putih tetapi ada bentuk lain yang umum dipakai dalam makanan. Dari madu hingga aspartam.

Hati-hati, jangan sampai anda terkecoh karena tidak melihat tulisan gula. Padahal produk tersebut masih tetap mengandung gula hanya saja dengan nama berbeda. Dalam produk olahan, gula seringkali menyamar dengan nama madu, sirup, bahkan sembunyi dibalik kata organik.

Berikut 11 nama lain gula yang kerap dicantumkan dalam label makanan.

  1. Dextrose
  2. Fructose/fruktosa
  3. Glucose/glukosa
  4. Maltose
  5. Saccharose
  6. Sucrose/sukrosa
  7. Honey/madu
  8. Agave
  9. Molasses 
  10. Evaporated cane juice/jus tebu yang dievaporasi
  11. Pure/ jenis sirup,nektar,jus.

Nomor 1 sampai 6 umumnya dicampur untuk mengatur rasa dan memperpanjang waktu simpan. Sisanya, kerap digunakan untuk memberi rasa manis dan terbuat dari bahan tumbuhan. Karenanya, produsen kerap menyebutnya sebagai produk natural/alami.

Gula disamarkan dalam kemasan makanan karena tidak semua pemanis sama dan berasal dari jenis gula yang sama. Pemanis sebenarnya dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu pemanis alami dan pemanis buatan. Pemanis alami biasanya didapatkan dari bahan-bahan alami dan memiiki kandungan kalori, sedangkan pemanis buatan merupakan produk olahan dan tidak memiliki kalori.

Untuk diingat, batasan konsumsi gula, garam, dan lemak yang disarankan oleh Kementerian Kesehtan RI (Kemenkes) per orang per hari, yaitu 50 gram (4 sendok makan), gula 2.000 miligram natrium/sodium (1 sendok teh), dan untuk lemak hanya 67 gram (5 sendok makan minyak).

Nah, meski tidak menambah kalori sebanyak gula, bila dikonsumsi berlebihan pemanis buatan bisa menimbulkan penambahan berat badan serta masalah pencernaan. Nama-nama pemanis tambahan, antara lain aspartame, acesulfame-K, saccharin, stevia, dan sucralose.
Jika anda ingin menjalani hidup sehat terbebas dari gula, jangan lupa untuk mengecek kandungan-kandungan di atas tadi dalam makanan yang akan dikonsumsi

Dari berbagai sumber
Laporan: Wa Ode Dirmayanti

  • Bagikan