SULTRAKINI.COM: Sudah bukan hal yang rahasia lagi bahwa merokok bisa membahayakan paru-paru, namun tetap melakukan kebiasan tersebut. Mantan perokok mungkin bisa memperbaiki paru-paru dengan makan kedua buah ini.
 Kenapa Mantan Perokok Wajib Makan Buah Ini ? Begini Penjelasannya..
ilustrasi (Foto: google.com)

Perokok bisa mengonsumsi apel dan tomat. Ilmuwan dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health baru-baru ini melakukan penelitian untuk menentukan makanan yang dapat memperlambat proses penuaan paru-paru secara alami.

Peneliti kemudian memeriksa diet dan kondisi paru-paru lebih dari 650 orang dewasa perokok dan bukan perokok di 2002. Kemudian menindaklanjuti 10 tahun kemudian.

Peserta yang berasal dari Jerman, Norwegia, dan Inggris, menyelesaikan kuesioner untuk menilai kebiasaan makan mereka. Selain itu mereka menjalani spirometri yakni sebuah prosedur yang mengukur kapasitas paru-paru untuk mengambil oksigen.

Setelah melakukan analisis hasilnya peneliti menemukan mantan perokok yang mengonsumsi tomat dan buah-buahan, terutama apel, mengalami penurunan fungsi paru secara alami lebih lambat. Hal ini terungkap dalam European Respiratory Journal.

Para ilmuwan juga menemukan penurunan fungsi paru yang lebih lambat pada semua orang dewasa yang banyak makan tomat. Manfaat ini juga ditemukan pada responden yang tidak pernah merokok atau telah berhenti merokok.

Orang dewasa yang mengonsumsi lebih dari dua tomat atau lebih dari tiga porsi buah sehari mengalami penurunan fungsi paru yang lebih lambat. Berbeda halnya bila dibandingkan dengan subjek yang makan sedikitnya satu buah tomat atau satu porsi buah dalam sehari.

"Studi ini menunjukkan diet dapat membantu memperbaiki kerusakan paru pada orang-orang yang telah berhenti merokok. Makanan yang kaya buah dapat memperlambat proses penuaan alami paru-paru bahkan jika Anda belum pernah merokok," kata rekan penulis Vanessa Garcia-Larsen mengutip laman resmi The Atlanta Journal-Constitution ditulis Jumat (22/12/2017).

Peneliti yakin temuan mereka ini bisa digunakan untuk membantu pasien yang berisiko terkena penyakit pernapasan, termasuk PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis).

"Studi kami menunjukkan mengonsumsi lebih banyak buah secara teratur dapat membantu mengurangi penuaan seiring bertambahnya usia. Dan, bahkan dapat membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh merokok," kata Garcia-Larsen lagi. 


Sumber: liputan6.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations