Kendari Diguncang Gempa, Getarannya Hingga Konawe Selatan dan Konawe Kepulauan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kota Kendari, Sulawesi Tenggara diguncang gempa tektonik bermagnitudo 5,3 pada Kamis (3 Desember 2020) pukul 3:36:21 WIB. Gempa diketahui berlokasi di laut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa di Kota Kendari ini berlokasi di laut pada jarak 78 kilometer arah timur laut Konawe-Kepulauan Sultra, pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa ini masih dikategorikan gempa dangka akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, menjelaskan meski tidak berpotensi tsunami, guncangan gempa cukup dirasakan di wilayah Kendari III-IV MMI, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Konawe Kepulauan II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah-terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Hingga pukul 04.45 WIB, belum ada adanya aktivitas gempa susulan.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak bertanggungjawab kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa,” ucapnya dalam keterangan tertulis BMKG.

Untuk diketahui, BMKG mencatat kejadian gempa terjadi 24 kali di Provinsi Sultra pada November 2020. Satu gempa dirasakan dengan magnitudo 2,4, tepatnya di 3 kilometer barat laut Konda yang dirasakan II MMI di Ranomeeto, Konawe Selatan.

Laporan: Mahatma Adnan Nuari
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.