Kendari kirim Bantuan Logistik ke Sulteng, Total Capai 70 Ton

  • Bagikan
Suasan pengiriman bantuan logistik ke Sulteng yang diangkut Pesawat CN 295, Sabtu (6/10/2018). (Foto : Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Suasan pengiriman bantuan logistik ke Sulteng yang diangkut Pesawat CN 295, Sabtu (6/10/2018). (Foto : Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Bantuan logistik dari Kota Kendari sebanyak lima ton untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng), kembali di berangkatkan melalui Bandara Udara Lanud Haluoleo Kendari dengan pesawat penerbangan CN 295, Sabtu (6/10/2018).

Pengiriman bantuan tersebut dilepas secara resmi oleh Pelaksana tugas (Plt) Walikota Kendari, Sulkarnain, bersama Danlanud Haluoleo Kendari Kolonel Nana Resmana, Dandim 1417/Kendari, Letnan Kolonel CPN Fajar Lutvi Haris Wijaya, Kapolres Kendari AKBP Jemi Junaidi, Ketua KNPI Sultra Laode Umar Bonte, dan sejumlah rombongan lainnya.

Bantuan logistik tersebut, merupakan hasil donasi masyarakat maupun jajaran instansi pemerintah kota Kendari, yang dikumpulkan di posko bersama di Kodim 1417/Kendari.

Saat ini total bantuan yang sudah dikumpulkan mencapai 70 ton berupa beras, air mineral, makanan dalam kemasan, pakaian, maupun perlengkapan bayi.

Plt Walikota Kendari, Sulkarnain, mengatakan pengiriman bantuan hari ini hanya sebanyak lima ton sesuai dengan kapasitas muatan pesawat. Tapi secara bertahap semua bantuan yang sudah dikumpulkan akan diberangkatkan baik melalui udara maupun laut.

“Total bantuan yang sudah stay saat ini di Markas Kodim Kendari sudah sekitar 70 ton, yang ada di bandara sini juga ada sekitar 30 ton, itu kita akan kirimkan secara bertahap karena kita juga sudah melakukan koordinasi ke pihak Pelni, berapapun yang akan tertampung kita akan kirim Baik itu melalui darat, laut maupun udara,” ungkap Sulkarnain saat ditemui di bandara Lanud Haluoleo saat pengiriman bantuan, Sabtu (6/10/2018).

Senada dengan itu, Dindim 1417/Kendari, Letnan Kolonel CPN Fajar Lutvi Haris Wijaya, mengatakan untuk pengiriman donasi selanjutnya yang sudah dikumpulkan akan dikirimkan pada tanggal 10 dan 15 Oktober mendatang.

“Insya Allah dalam Minggu depan seluruh bantuan yang sudah didonasikan oleh masyarakat kota Kendari bisa tersalurkan secara keseluruhan,” katanya.

Pada pengiriman kali ini, Kodim 1417/Kendari tidak hanya mengirimkan logistik tapi juga mengirimkan petugas relawan dan petugas khusus dari TNI Kodim. Guna memantau langsung pendistribusian barang di lokasi korban gempa dan tsunami Sulteng.

“Pengiriman petugas ini akan mendokumentasikan langsung pendistribusian barang, agar masyarakat yakin dan tau kalau donasi yang mereka berikan sampai pada tempatnya,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan