Kerja OPD di Sultra akan Didukung Layanan VPN IP

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sulawesi Tenggara bersama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menandatangani Surat Perjanjian (kontrak) sewa dan pemasangan layanan virtual private network internet protokol (VPN IP).

Nantinya, VPN IP tersebut dipasang di semua organisasi perangkat daerah di Sultra.

VPN IP merupakan layanan komunikasi berbasis intenet protokol sebagai jaringan private yang terpisah dari internet network (public). VPN IP mengombinasikan berbagai unsur dalam teknologi IP untuk memberi layanan yang memenuhi berbagai komponen layanan komunikasi baku yang ditawarkan oleh teknologi sebelumnya.

Pj Kepala Diskominfo Sultra, Syaifullah, menerangkan perjanjian ini merupakan langkah awal kerja sama antara kedua pihak, yaitu PT. Telkom selaku pengelola jasa telekomunikasi di Indonesia dan Diskominfo Sultra dalam menyelenggarakan fungsi dan wewenang.

“Kami ingin bermitra dengan institusi yang memiliki nama besar di Indonesia,” ujar Syaifullah, Jumat (22/11/2019).

Kantor Bulog Raha

Layanan VPN ini, kata dia, untuk mengintegrasikan jaringan bandwidth internet untuk mendukung kinerja OPD di Sultra.

Syaifullah menyebutkan, beberapa tugas dan wewenang dilakukan Diskominfo, yaitu pengelolaan informasi dan komunikasi publik pemerintah provinsi, pengelolaan nama domain yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan sub domain di lingkup pemerintah provinsi, pengelolaan e-government, penyelenggaraan statistik sektoral, penetapan pola komunikasi sandi serta keamanan informasi antar-OPD Sultra.

“Penandatanganan surat perjanjian ini juga merupakan implementasi dari Perpres Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nomor 95 Tahun 2018,” jelasnya.

Penandatanganan surat perjanjian berlangsung di Kantor Diskominfo Sultra. Masing-masing dilakukan Pj Kepala Diskominfo Sultra, Syaifullah dengan Alimuddin selaku General Manager Wilayah Telekomunikasi Sultra.

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

var bs_pagination_loc = {"loading":"
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div>
<\/div><\/div>"};