SUARA

Kerja Sambil Kuliah, Zainal Hading Punya Rahasianya

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Zainal Hading tak menyangka akan meraih gelar magisternya dengan lulusan terbaik tingkat Universitas di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara tahun 2017/2018, Rabu (25/4/2018). Lulusan Magister Administrasi Publik ini berhasil lulus dengan indeks prestasi kumulatif 3,91.

Kepala Sub Bagian Umum Humas dan Protokoler DPRD Konawe Utara (Konut) tersebut, lulus dengan tesis analisis strategi peningkatan pendapatan asli daerah Kabupeten Konut.

Dalam tesisnya diketahui bahwa strategi ‘jemput bola’ dan peningkatan pelayanan terhadap wajib pajak sangat efektif meningkatkan PAD tahun 2016 ke 2017, tepatnya dari 40,92 persen menjadi 97,53 persen.

“Saya tertarik dengan judul ini, karena bicara tentang PAD untuk mengukur kinerja instansi yang menangani pajak bumi dan bangunan apakah itu ada kendala atau tidak, Alhamdulillah hasil penelitian itu baik bahkan ada peningkatan,” katanya kepada SultraKini.Com,” katanya.

yamaha

Rahasia dibalik prestasinya itu rupanya, adanya sosok istri yang mendukung dibalik modal nekatnya. Selain tetap fokus dan mengasah keterampilan diri.

“Saya tidak pernah mimpi untuk mendapatkan prdikat sangat memuaskan atau lulusan terbaik, karena berbagai rintangan harus saya lalui mulai dari mengatur waktu kerja sebagai ASN di Konut dan sebagai kepala keluarga,” ucapnya.

Berkuliah di UHO merupakan hasil kerja sama Pemda Konut dengan pihak kampus dan ditandatangani Ruksamin selaku bupati dan Usman Rianse selaku rektor 2016 kala itu, tujuannya mendorong peningkatan sumber daya manusia ASN setempat. Terdapat 30 orang termasuk dia berkesempatan kuliah S2.

“Bersyukur ada program pemerintah daerah, jadi saya harus berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik bagi diri saya sendiri, keluarga, dan tentunya Pemda Konut yang sudah membantu, dan tidak mau mengecewakan orang-orang yang sudah berkorban untuk saya bisa kuliah, istri saya serta mama dan semua keluarga serta pimpinan saya di kantor,” ujar pria kelahiran 1988 itu.

 

Laporan: Sulham Tepamba

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.