Kerja Semangat, ASN Pemkot Kendari Pulang Lebih Cepat Selama Ramadan

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. (Foto : Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM).
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. (Foto : Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Selama Bulan Ramadan 1440 Hijriah, Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Kendari akan pulang lebih awal dari jadwal pada umumnya. Meskipun demikian, bukan berarti mengurangi tugas dan fungsinya, tapi justru semakin ditingkatkan.

Merujuk pada surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan – RB) republik Indonesia nomor : 394 tahun 2019 tanggal 26 April 2019 dan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yang di tandatangani pada tanggal 2 November 2018, kemudian ditindaklanjuti melalui Surat Edaran Wali Kota Kendari ditetapkan bahwa hari dan jam kerja ASN lingkup kota Kendari adalah sebagai berikut :

1. Hari Senin – Kamis : Mulai dari pukul 08.00 – 15.00 Wita. Istirahat pukul 12.00 – 12.30 Wita.

2. Hari Jumat: Mulai pukul 0 8.00 – 15.00 Wita. Istirahat pukul 11.30-12.30 Wita.

Sedangkan waktu cuti bersama, hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 Masehi ditetapkan pada tanggal 3,4,5, dan 7 Juni 2019 mendatang.

Tidak hanya itu, apel siang juga untuk jajaran ASN Pemkot Kendari juga ditiadakan hanya akan dilaksanakan apel pagi setiap pukul 08.00 Wita. Meskipun demikian, beberapa pelayan seperti di Puskesmas maupun di Rumah Sakit Daerah tetap buka dan memberikan pelayanan maksimal.

“Supaya ASN tetap mematuhi jam kerja meskipun puasa. Karena kerja di bulan puasa bagian dari ibadah dan Insyaallah berlipat ganda amalnya. Aamiin,” ucap Sekertaris Daerah Kota Kendari Nahwa Umar kepada SultraKini.Com, saat dihubungi via WhatsApp, Sabtu (4/5/2019).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengimbau kepada seluruh ASN yang bekerja di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari agar tetap bekerja secara profesional dengan penuh semangat selama Bulan Ramadan 1440 Hijriah yang kina tinggal hitungan hari lagi.

Justru, kata Sulkarnain, di pada Bulan Ramadan itu bisa menjadi ladang amat Islam ketika bisa bekerja dengan semangat baik dan benar. Bukan justru menjadikan puasa sebagai alasan untuk kemudian bermalas-malasan dalam bekerja.

“Walaupun nanti ada perubahan jadwal bekerja, tapi saya minta disiplinnya tetap dijaga dan kinerjanya jangan menurun” katanya saat ditemui di Kantornya, beberapa waktu lalu.

Sulkarnain menambahkan, justru dibulan Ramadhan ini, para ASN bisa memanfaatkan momen bulan suci Ramadhan 1440 ini untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih semangat kepada masyarakat, karena segala sesuatu yang dilakukan selama Ramadan itu akan bernilai pahala bila dikerjakan dengan penuh keikhlasan.

“Ada janji bahwa setiap yang bekerja dan beramal di bulan suci Ramdhan akan dilipatgandakan pahalanya, jadi harusnya bisa lebih semangat bekerja,” jelasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan