Iklan Clarion

Kerja Smartphone Lemot, Cek 5 Penyebabnya

SULTRAKINI.COM: Bagi pengguna smartphone pasti pernah mengalami smartphone lemot atau berlahan semakin lambat kinerjanya, terlebih usia smartphone semakin tua.

Terdapat sejumlah faktor penyebab smartphone menjadi lemot.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

1. Periksa aplikasi di latar belakang
Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang merupakan penyebab utama ponsel jadi lemot.

Ponsel memiliki sumber daya terbatas (RAM, CPU, dan sejenisnya), yang harus dibagi di antara semua aplikasi.
Terkadang, pengguna lupa untuk menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memakan banyak kapasitas RAM. Menghapus aplikasi yang terus berjalan di latar belakang (background app) dan tidak terpakai merupakan praktik pemeliharaan kinerja ponsel yang penting dan sederhana.

2. Memori internal penuh
Banyaknya file yang mengisi memori internal dalam ponselmu, mulai dari aplikasi, foto hingga video, bisa membuat ponsel kamu jadi lemot. Alangkah baiknya jika kamu bijak untuk mengelola kapasitas memori internal.

Jangan lupa untuk menghapus file secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih data (cleaner) untuk menyegarkan kembali kapasitas memori. Apabila kamu memiliki banyak koleksi file, foto, musik, dan video, lebih baik kamu simpan di kartu MicroSD dibandingkan di memori internal. Kamu juga bisa menyiasatinya dengan cara menggunakan penyimpanan di Cloud.

3. Usia baterai
Usia baterai juga menjadi salah satu masalah terbesar pada perangkat elektronik, tidak hanya ponsel. Setelah dua atau tiga tahun, kapasitas baterai akan menurun dan daya tahan baterai menjadi tidak maksimal.

Penuaan bateri bisa mempengaruhi kinerja komponen lainnya. Misalnya, CPU dan memori yang berjalan pada kecepatan clock tinggi akan membutuhkan lebih banyak daya, baterai yang sangat tua mungkin tidak dapat menyediakan arus yang diperlukan dan tegangan yang stabil.

iPhone mengalami masalah besar pada baterainya. Tahun lalu, masalah penurunan performa iPhone akibat usia baterai yang semakin menua sempat menjadi perbincangan hangat publik. Hingga akhirnya Apple mengeluarkan update iOS baru dan menawarkan penggantian baterai pada penggunanya.

4. RAM yang melemah
Seperti baterai yang bisa menua, RAM juga akan menurun kinerjanya seiring usianya terus bertambah. Hal itu akan mempengaruhi proses membaca dan penghapusan file yang disimpan di RAM. Kinerja yang menurun akan meningkatkan jumlah eror dalam proses pembacaan data, yang kemudian memperlambat memori.

Usia RAM pada perangkat yang kamu gunakan akan bergantung pada berapa banyak data baru tersimpan. Umumnya, kamu bisa memakainya dua sampai tiga tahun, walau kebanyakan cip dapat bertahan hingga 5 dan 10 tahun.

5. Pembaruan sistem operasi
Teori lain menjelaskan bahwa pembaruan sistem operasi bisa membuat kinerja perangkat jadi semakin besar. Hal itu dikarenakan sistem operasi Android atau iOS yang terus mengalami pembaruan sehingga semakin jadi semakin berat.

Ponsel-ponsel lama akan kesulitan ketika menjalankan aplikasi dan game terbaru. Mungkin apabila ponsel yang kamu gunakan sudah kelewat ‘jadul’, ada baiknya mulai berpikir untuk membeli yang baru.
Mungkin itu jalan keluar terbaik daripada terus kesal karena ponsel yang semakin lemot.

Sumber: Kumparan.com
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.