SULTRAKINI.COM:KONAWE - Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa kian percaya diri untuk melenggang di Pilkada Konawe 2018. Pasalnya, dukungan dari sejumlah partai besar terhadap calon petahanan tersebut terbuka lebar.

Kery Sebut Partai Warna Merah, Kuning dan Putih Bakal Gabung
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (foto: Mas Jaya / SULTRAKINI.COM)

Kepada awak media, Kery mengungkapkan, selain PAN dan NasDem masih akan ada tiga partai lagi yang akan merapat ke dirinya. Meski tidak menyebut nama secara langsung, ia memberi gambaran jika ketiga partai tersebut berwarna Merah, Kuning dan Putih.

"Nanti tanggal tiga belas dan lima belas ini saya mau ke Jakarta urus itu," ujarnya.

Pria yang akrab dengan singkatan KSK itu menyebut, ketiga partai tersebut merupakan partai besar yang punya kursi di DPRD Konawe. Jika pun selama ini ada yang mengklaim telah menerima rekomendasi dari partai tersebut, ia mengatakan jika rekomendasi itu belumlah final.

"Kalau pun sudah pegang rekomendasi, itu bukan SK. Yang menentukan ini SK DPP. Dan itu yang akan diambil nanti kalau saya ke Jakarta," terangnya.

Selain tiga partai itu, Kery juga membocorkan bahwa ada satu lagi partai yang warnanya mirip PAN yang mengajukan diri ingin merapat. Tetapi ia katakan tunggu dulu. Keputusannya nanti setelah pulang dari Jakarta, setelah selesai urusan tanggal 13 dan 15 November tersebut.

"Kita juga akan lihat, mereka yang menyatakan diri mencalonkan saat ini itu belum tentu maju (untuk bertarung di Pilkada)," tandasnya.

Saat ini ada sembilan partai yang memiliki kursi di DPRD Konawe. Diantaranya, PAN, PDIP, PBB, PKS, Nasdem, Golkar, Gerindra, PKB dan Demokrat.

Jika merujuk pada identitas warna merah sebagaimana yang dikatakan Kery, maka partai yang dimaksud bisa jadi adalah PDIP dan Gerindra. Sementara kuning kemungkinan adalah Golkar. Putih, bisa jadi adalah PKS atau juga Gerindra. Sedangkan partai biru lainnya, kemungkinan yang dimaksud adalah partai Demokrat. Sebab, NasDem yang juga berwarna biru, secara resmi telah menyatakan diri mendukung Kery.

Saat ini, Pasangan Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara sudah memiliki dua partai pengusung, yakni PAN dan NasDem. Sementara pasangan Irawan Laliasa dan Adi Jaya Putra dikabarkan telah mendapat dukungan Golkar dan PKS. Pasangan Litanto dan Murni Tombili didukung PDIP dan mencuat juga nama Partai Demokrat di pasangan itu. Sedangkan Wahyu Ade Pratama dan Alauddin dikabarkan bakal didukung Gerindra. Adapun PBB yang merupakan partai yang dipimpin Alauddin hingga kini belum menyatakan sikap.


Laporan: Mas Jaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations