Pilkada koltim

‘Kesaktian’ KIS Bagi Warga Kurang Mampu, Buteng Mulai Rasakan Dampaknya

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – 423 kepala keluarga Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara telah memiliki Kartu Indonesia Sejahtera. Selain mendapatkan bantuan dari program keluarga harapan (PKH), melalui KIS warga bisa memperoleh berbagai bantuan lainnya dari pemerintah.

PKH akan diterima warga empat kali selama setahun. Ada manfaat lain bisa dihasilkan dari KIS, seperti bantuan subsidi listrik, bantuan pupuk bagi warga bermata pencaharian petani, bantuan beras sejahtera atau raskin serta bantuan pemberdayaan lainnya.

“Semuanya lewat kartu tersebut penyalurannya,” terang Koordinator PKH Kabupaten Buteng, Rasyid Sabi, Senin (14/8/2017).

Empat tahap penerimaan bantuan PKH akan berlangsung di bulan Februari dan bulan Mei masing-masing Rp Rp 500 ribu. Serta Agustus dan November masing-masing Rp 450 ribu.

Total penerima bantuan PKH di Kabupaten Buteng sebanyak 3.155 KK. Jumlah ini telah sesuai dengan data Badan Pusat Statistik pada 2016.

Pilkada

Subsidi bagi warga kurang mampu tersebut, dinilai tidak ada alasan lagi diantara mereka memiliki anak putus sekolah atau tidak sekolah, ibu hamil dan munyusui terkendala biaya ke posyandu serta kebutuhan pelayanan kesehatan lainnya. Sehingga bagi warga belum tersentuh PKH, pihaknya tetap mengupayakan semaksimal mungkin.

Asisten III Setda Buteng, LM. Mursal Zubair, manfaat PKH tidak lain guna memutus rantai kemiskinan utamanya yang berdampak di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Pemkab Buteng sangat berterimakasih kepada pemerintah pusat atas berbagai program bantuan yang disalurkan ke daerah. Semoga yang mendapat bantuan cepat terlepas dari kemiskinan, dan senantiasa bekerja keras mencari peluang usaha sesuai dengan kondisi dan kemampuan masing-masing,” kata Mursal saat membacakan sambutan bupati.

Penyaluran PKH oleh Dinas Sosial Kabupaten Buteng dan Bank Mandiri tersebut dibuka langsung oleh Asisten III Setda Buteng LM. Mursal Zubair, didampingi Kepala Dinas Sosial LM. Zamrud dan dihadiri para pendamping PKH tujuh kecamatan se-Kabupaten Buteng.

Laporan: Ali Tidar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.