Pilkada koltim

Kesbangpol Konawe akan Data Kembali Ormas dan OKP

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Badan Kesatuan Bangsan dan Politik (Kesbangpol) Konawe kembali menggelar pembekalan untuk Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP), Kamis (12/7/2018).

Kegiatan tersebut menghadirkan tiga pembicara, dari kalangan kepolisian, akademisi dan Kesbangpon sendiri. Mereka adalah Kasat Intel Polres Konawe Iptu Sriyanto, Dosen Unilaki Sulsama, dan Kepala Badan Kesbangpol Ferdinan.

Masing-masing pemateri menyampaikan pandangannya terkait bagaimana kerja-karja dari Ormas dan OKP. Termasuk bagaimana sinergitas antara Ormas atau OKP dan Pemda Konawe bisa terjalin dengan baik.

Hal menarik terjadi saat sesi tanya jawab. Ketua GMPK Konawe, Sumantri, menyarankan kepada Kepala Badan Kesbangpol agar kembali mendata ulang Ormas/OKP/LSM yang ada di Konawe. Sehingga kata dia, dari total 58 organisasi yang terdata di Kesbangpol saat ini, bisa terdeteksi keberadaannya.

“Di sisi lain, banyak yang mengatasnamakan organisasi tertentu dan turun di desa-desa melakukan hal yang tak sewajarnya. Sehingga keberadaan para oknum ini juga ikut meresahkan masyarakat,” sarannya.

Pilkada

Menanggapi hal tersebut, Ferdinan pun mengapresiasi. Ia berjanji bakal mendata ulang Ormas/OKP/LSM yang telah terdaftar di Kesbangpol sebelumnya.

“Kita akan data supaya dilihat mana yang aktif, agar kita bisa kasi pembinaan,” ujar Ferdinan.

Selanjutnya, salah seorang peserta lainnya menyarankan agar Kesbangpol membuat grup bersama untuk anggota Ormas/OKP/LSM. Hal itu dimaksudkan agar komunikasi bisa tetap terjalin baik sesama organisasi maupun dengan pemerintah.

“Kita upayakan, semoga Ormas/OKP/LSM bisa dapat pembinaan dari Pemda, sehingga bisa bersinergi dengan baik,” terang Ferdinan.

Laporan: Mas Jaya
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.