SUARA

Kesbangpol Muna Sosialisasikan Pendidikan Bela Negara

SULTRAKINI.COM: MUNA – Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Muna sosialisasikan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) bagi kalangan pelajar SMA, SMK di Kantor Kesbangpol, Jalan H.M Thamrin, Kelurahan Wamponiki, Kecamatan Katobu, Selasa (11/10/2016).

Sosialisasi ini dibawakan Dandim 1416/Muna, Letkol Arh Hendra Gunawan bersama Kapolres Muna melalui Kepala Bagian Sumberdaya Polres Muna, Kompol, Kukuh Budiono.

Ditemui disela kegiatan, Kadis Kesbangpol Linmas, Kabupaten Muna, Laode Abdul Kadir mengungkapkan, sosialisasi ini merupakan cara pemerintah Daerah (Pemda) untuk menyampaikan kepada warganya khususnya agar dapat mencintai tanah airnya.

“Inilah upaya Pemda untuk memberikan pemahaman kepada pelajar, bahwa dipundak mereka nanti tumbuh kembangnya negara ini,” kata La Ode Abdul Kadir.

Ia juga menjelaskan, sosialisasi PPBN, Forum Kewaspadaan di Tingkat Masyarakat, Forum Kerukunan Antar Umat Beragama, dan kegiatan serupa lainnya merupakan agenda rutin Kesbangpol. “Alhamdulillah dari pemda sekarang ada alokasi anggaran untuk setiap kegiatan kesbangpol,” pungkasanya.

Sementara itu, dalam materinya Kukuh menekankan, generasi muda untuk tidak terpangaruh dengan kenakalan remaja yang sekarang sering terjadi. Seperti menggunakan Miras, Tawuran, memakai Narkoba serta kegiatan yang dapat menimbulkan tindak kriminal.

yamaha

“Saya berharap kepada adik-adik pelajar kita, agar bisa menjaga kemanan ketertiban dan bisa memberikan masukan kepada rekannya apabila berbuat yang melanggar hukum,” kata Kompol Kukuh.

Hal senada juga diungkapkan, Dandim 1416/Muna, Letkol Arh Hendra Gunawan saat membawakan materi. Dipaparkannya generasi muda memiliki peran besar didalam mengisi dan membangun kemerdekaan serta berkewajiban membela negara.

Dijelaskannya, generasi penerus bangsa adalah merupakan tulang punggung dimasa mendatang dan mereka merupakan tongkat estafet penerus cita-cita yang diinginkan.

“Dipundak merekalah yang banyak mengisi nanti, sehingga bangsa menjadi bangsa yang jauh lebih maju dan bisa mencapai satu tujuan. dan siswa pelajar harus menyadari, mereka memiliki peranan penting dalam berpartisipasi aktif mengisi kemerdekaan,” ungkapnya.

Atas sosialisasi ini, seorang siswa yang menjadi peserta, Hazen Masrafat saat ditemui SULTRAKINI.COM mengatakan, dirinya dan siswa lain yang bisa hadir dalam kegiatan ini merasa bangga dan berterima kasih kepada Kesbangpol Linmas Muna atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Kami yang mengikuti kegiatan ini sangat bangga karena kita bisa memetik ilmu itu untuk bisa dijadikan bahan renungan ketika kita membela negara,” Hazen yang merupakan siswa utusan SMA N 1 Lohia.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.