SULTRAKINI.COM: Ketiak hitam dapat disebabkan dengan berbagai hal. Selain karena kebiasaan yang suka mencukur rambut ketiak dan berlebihan memoleskan deodoran, faktor lain berupa penumpukan sel-sel kulit mati bisa bikin ketiak menghitam.
Ketiak Hitam ? Begini Cara Atasinya..
ilustrasi (Foto: google)

Dokter dari Klik Dokter, Theresia Rina Yunita juga menyebutkan berat badan di atas normal atau obesitas, bisa memicu timbulnya daerah lipatan dengan warna kulit yang lebih gelap pada bagian ketiak.

"Dalam bahasa medisnya, keadaan ini disebut dengan achantosis nigricans," kata Theresia dikutip dari situs Klik Dokter pada Jumat, 15 Desember 2017.

Lantas, bagaimana mengembalikan kondisi ketiak agar normal kembali. Berikut caranya :

1. Cukur ketiak dengan metode IPL atau waxing

Metode IPL (Intense Pulse Light) dan waxing dapat membantu menghilangkan rambut ketiak tanpa menyebabkan perubahan warna kulit.

Ini karena kedua metode tersebut mengangkat rambut ketiak dari akar, sehingga tidak membuat kulit ketiak menghitam.

2. Gunakan deodoran khusus secukupnya

Penggunaan deodoran khusus untuk kulit sensitif dapat mengurangi risiko kulit ketiak yang menghitam. Selain itu, pastikan pula hanya menggunakan deodoran secukupnya saja.

3. Scrubbing

Untuk mencegah penumpukan sel-sel kulit mati, lakukanlah scrubbing sebanyak 2 kali per minggu secara rutin.

4. Turunkan berat badan

Tidak hanya mencegah kulit ketiak menghitam, menurunkan berat badan hingga batas ideal juga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

5. Perasan lemon dan timun

Bahan-bahan alami seperti perasan lemon dan timun dapat digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak.

Jika cara di atas belum mampu mengembalikan warna kulit ketiak yang menghitam, jangan ragu untuk segera berkunjung ke dokter spesialis kulit.


Sumber: liputan6.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations