Ketua Dekranas Buton Tekankan Penerapan Prokes pada UMKM

SULTRAKINI.COM: BUTON – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Buton, Deliyana Montolalu La Bakry menghimbau agar setiap UMKM patuh terhadap penerapan protokol kesehatan (Prokes) dalam upaya penurunan penyebaran Covid-19 sehingga berimbas pada tingkat produktifitas kerajinan.

Hal tersebut diungkapkan Deliyana Montolalu seusai mengikuti peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Tangan Nasional (Dekranasda) ke- 41, bertempat di Rujab Bupati Buton, Malige Daonawajo, Pasarwajo, yang diadakan secara virtual  oleh DPP Dekranasda, Rabu (3 Maret 2021).

“Dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat sehingga UMKM kerajinan dapat kembali bangkit dalam masa pandemi saat ini,” ujar Deliyana.

Kata dia, kontribusi Dekranas di masa pandemi sekarang dapat membawa manfaat bagi pengrajin di seluruh Indonesia dan mendukung kemandirian pertumbuhan ekonomi.

“Kita semua juga harus tetap memperhatikan serta menerapkan protokol kesehatan sehingga hubungan kedepan bisa semakin bersemangat dalam memfasilitasi pengrajin nusantara,” ucapnya.

Upacara peringatan HUT Dekranas ini dipimpin langsung Ketua Dewan Kerajinan Nasional, Wury Ma’ruf Amin. HUT Dekranas yang ke- 41 Tahun 2021 ini mengangkat tema “Pengrajin Sehat, Pengrajin Hebat, Indonesia Maju,”.

“Dekranas diupayakan dapat memberikan semangat produktif UMKM Indonesia. Tema ini mengandung makna yang diharapkan menjadi wadah pembinaan protokol kesehatan agar dapat kembali bangkit dalam masa pandemi untuk meningkatkan kesehatan pengrajin dengan karya-karyanya,” kata Wury Ketua Dekranasda Pusat, Rabu (3/3/2021).

Wury menjelaskan, tema HUT ini merupakan wujud dari visi Dekranasda yaitu mendukung ekonomi Indonesia. Beberapa program banyak diluncurkan Dekranas pada masa bakti 2019-2024 yakni pembinaan pada pengrajin destinasi wisata yang ada di wilayah Indonesia, memfasilitasi pemasaran, dan melakukan kerjasama nota kesepahaman antara Dekranas dan sponsor terkait program rasa bangga berbasis kebudayan bangsa.

Pada upacara peringatan HUT Dekranasda yang digelar secara virtual ini turut dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Kabupaten Buton, Ny. Wa Ode Sitti Haidar Zilfar, Ketua Harian Dekranasda Buton yang juga Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Buton, Sadisu, dan Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Buton, Abdul Rais. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.