Ketua Dekranasda Buton: Sentra Industri Kecil Menengah Perlu Produktivitas, Kreativitas, dan Inovasi

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Ketua TP-PKK sekaligus Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Buton, Delia Montolalu mengunjungi sentra Industri Kecil Menengah di Desa Tumada dan Desa Todanga, Kelurahan Wakangka, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Rabu (29 Januari 2020).

“Para pengrajin itu kami bina di sentra IKM. Di Desa Todanga ada pengrajin anyaman rotan yang menghasilkan produk keranjang dan aksesoris meja tamu, sedangkan di Desa Tomada para pengrajin selain menganyam rotan dan nentu, juga pengolahan jambu mete,” terang Delia.

Ia berharap, pengrajin senantiasa meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan inovasi. Hal tersebut dimaksud untuk memenuhi kebutuhan dan mengikuti tren sehingga lebih berdaya saing. Penigkatan fasilitas, pendampingan tenaga ahli desain dan penguatan branding perlu dimaksimalkan guna meningkatkan kecintaan konsumen pada produk di Kabupaten Buton.

Fortune

“Pembinaan akan terus dilakukan dan penyediaan bahan baku juga sangat penting disamping promosi dan pembinaan bagi pengrajin,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Buton sekaligus Ketua Harian Dekranas Kabupaten Buton, Sadisu, menambahkan Industri Kecil Menengah tersebut dilengkapi alat pengepakan dan alat membelah rotan untuk pembuatan tas dan aksesoris lainnya, seperti topi, bosara (tempat penutup makanan), dan talang.

“Produk-produk yang dihasilkan di sentra IKM ini sering diikutkan lomba dan sering meraih meraih peringkat terbaik,” tambah Sadisu.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.