Ketua MPR RI Ajak Mahasiswa UHO Menjadi Pelopor Perubahan

  • Bagikan
Suasana sosialisasi empat pilar kebangsaan di Auditorium Mokodompit UHO, Jumat (4/8/2017). Foto: Sarmila/SultraKini.com

SULTRAKINI.COM : KENDARI – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan minta mahasiswa Universitas Halu Oleo Kendari untuk menjadi pelopor perubahan. “(UHO) salah satu kampus terbaik di Indonesia dengan mahasiswa sekitar empat ribu, agar mahasiswa di sini dapat menjadi pelopor perubahan,” kata Zulkifli di hadapan ratusan mahasiswa yang mengikuti sosialisasi empat pilar kebangsaan di Auditorium Mokodompit UHO, Jumat (4 Agustus 2017).

Hadir dalam acara itu Rektor UHO Muhammad Zamrun serta jajaran pemerintah daerah setempat. 

Zulkifli menegaskan bahwa mahasiswa dan kampus merupakan agen perubahan. Banyak perubahan penting di negeri ini karena dilakoni oleh mahasiswa dan pemuda, termasuk perjalanan kemerdekaan Indonesia.

Untuk itu ia mengingatkan mahasiswa agar tidak menyia-nyiakan kesempatan dalam menempuh jenjang pendidikan di perguruan tinggi dengan cara belajar yang rajin dengan selalu bersyukur kepada Tuhan.

Sebab, kata dia, dengan belajar keras maka akan menguasai ilmu pengetahuan. “Namun ilmu saja tidak cukup untuk menjadi bangsa yang maju, butuh trust atau rasa saling percaya,” kata Zulkifli.

Saling percaya dan menghargai adanya keberagaman merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebangsaan, yakni kebhinekaan (Bhineka Tunggal Ika). Tiga pilar lainnya adalah Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Empat pilar kebangsaan itu merupakan benteng terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Laporan: Sarmila

  • Bagikan