SUARA

Keuntungan Membeli KPR Bersubsidi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer yang wajib dipenuhi. Namun dalam memilih tempat tinggal tidak boleh asal memilih, apalagi hanya terpaku pada harga yang murah.

Untuk memilih rumah berkualitas dengan harga terjangkau, Kepala Cabang Anova Grup Properti, Arman membagikan tipsnya. Menurutnya, perumahan bersubsidi merupakan pilihan tepat saat ini jika masyarakat berkeinginan memiliki rumah.

“Banyak yang belum diketahui oleh masyarakat bahwa saat ini ada program kredit perumahan yang disubsidi pemerintah, selain harga yang lebih rendah kualitasnya pun terjamin karena ada standar yang ditetapkan,” jelasnya.

Untuk harga, kata Arman, sangat jarang ditemukan perumahan yang dihargai sebesar Rp100 jutaan. Dengan besaran angsuran dibawah Rp1 jutaan. Bunga downpaymen (DP) yang umum pada kredit perumahan sebesar 13 persen, namun karena disubsidi menjadi 5 persen saja.

“Jadi angsuran yang sebesar Rp1,8 juta untuk kredit perumahan pada umumnya, karena adanya subsidi maka setengahnya dibiayai oleh pemerintah,” paparnya.

yamaha

Untuk kualitas juga demikian. Menurut Arman, masyarakat masih belum memahami program rumah bersubsidi. Sehingga masih ada anggapan yang keliru bahwa rumah bersubsidi merupakan rumah yang asal jadi saja.

“Dalam rumah bersubsidi pada program sejuta rumah ini sudah ada standar kualitas yang ditetapkan, seperti harus ada kamar mandi lengkap, listrik serta dinding harus terbuat dari bata full hingga keatas,” ungkapnya.

Selain itu, hal penting yang perlu diketahui oleh masyarakat yakni angsuran kredit rumah bersubsidi itu rata hingga akhir, tidak terpengaruh dengan pergerakan suku bunga di perbankkan.

“Besaran kredit itu fix sampai akhir, tidak seperti kredit KPR pada umumnya yang cenderung bergerak mengikuti suku bunga. Bahkan terkadang besaran kreditnya selalu naik jarang bisa turun,” ungkapnya.

Laporan: Taufik Qurahman
Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.