SUARA

Kinerja PKK Desa Putemata Dinilai Tim Provinsi

SULTRAKINI.COM: KOLTIM – Tim Penilai Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara melaksanakan penilaian di Desa Putemata, Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur, Senin (17/10/2016). Dalam lomba ini terdapat delapan penilaian yakni Lomba tertib administrasi PKK, PKDRT, Kader PKK, Dasawisma, BKB, UP2KPKK, Pemanfaatan Pekarangan dan Toga.

Diungkapkan, Sekda Koltim Samsul Bahri Majid dalam sambutannya mengatakan Lomba 10 program pokok PKK ini sangat penting dalam rangka mendukung program pemerintah daerah. “Kenapa sangat penting karena organisasi ini memegang peranan yang sangat penting yang ikut mendukung program pembangunan daerah,” jelas Samsul Bahri Majid.

Menurutnya apalagi sampai saat ini PKK sangat intens dan konsen untuk memberikan dukungan dan spirit yang luar biasa dalam mempercepat pembangunan di Koltim. Program PKK ini sebenarnya bentuk implementasi secara konperehensip dari seluruh program yang di canangkan oleh pemerintah daerah.

“Dengan pokja yang ada didalamnya maka sangat seirama dan sangat sejalan dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah hari ini,” kata Samsul Bahri Majid.

yamaha

Diungkapkannya, muara dari pembangunan di Kolaka Timur dicanangkan berujung pada kesejahteraan dan hal tersebut tidak mungkin tercapai tanpa lebih dahulu tercapai kesejahteraan keluarga. “Inilah simpul sehingga oraganisasi PKK merupakan mitra sangat utama dalam memberikan dukungan dan suport untuk pembangunan daerah Kolaka Timur,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penilai Lomba, Hj. Siti Lauma Bahrun menegaskan, tujuan lomba ini untuk memotivasi masyarakat dalam mendukung pelaksanaan 10 Program PKK didesa. “Kalau tidak ada lomba biasanya masyarakat itu diam saja. Dalam lomba ini tentu kita akan lebih berpartisipasi karena peran PKK di desa sangat membantu pembangunan yang di programkan oleh Pemerintah,” jelasnya.

Menurutnya, partisipasi PKK sangat diharapkan, sehingga dalam penilaian akan dilihat secara rinci pelaksanaan 10 program pokok PKK apakah sudah sesuai dengan pedoman yang ada atau masih perlu perbaikan. “Dalam penilaian ini, disamping kami menilai kami juga melakukan Pembinaan karena Tim pengerak PKK Pusat hingga ke bawah membangun persepsi yang sama,” tambahnya.

Dijelaskan dalam penilaian ada tiga indikator yang dijadikan pedoman. Pertama indikator input, indikator ini berkaitan dengan dukungan kebijakan dan dana terhadap pelaksanaan 10 program Pokok PKK dari pemerintah dan masyarakat yang dibuktikan secara tertulis.

Kedua Indikator Proses, yakni penilaian atas pelaksanaan 10 program PKK ditingkat desa berdasarkan catatan dan dokumentasi Pokja pelaksana kegiatan tersebut. Ketiga Indikator Output (hasil) atau yang berkaitan dengan hasil pelaksanan 10 Program PKK melalui pemanfaatan pekarangan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.