KKN Tematik UHO, Tingkatkan Imunitas Melalui Produk Tanaman Lokal

SULTRAKINI.COM: Sejumlah tanaman lokal dinilai dapat meningkatkan imunitas tubuh manusia, sehingga tidak mudah terjangkit corona virus deseases alias Covid-19. Untuk itu salah satu tim mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN Tematik) Universitas Halu Oleo melakukan kegiatan sosialisasi terkait hal itu di berbagai daerah, tempat mahasiswa tinggal yang sekaligus menjadi lokasi KKN.

Tim KKN tematik yang terdiri Prof. Dr. Ir. M. Tufaila Hemon, MP beranggotakan Dr. Ir. Tresjia C. Rakian, M.P., Nur Asyik, S.P., M.P., Hadi Sudarmo, S.P., M.Si. dan Novita Pramahsari Putri, S.P., M.Sc menyebut produk lokal yang dibuat mahasiswa KKN berupa teh kelor dan jamu kunyit-asam.

“Kedua produk ini langsung dicoba oleh masyarakat yang ada pada saat kegiatan berlangsung,” kata Prof Tufaila Hemon.

Dijelaskan, mahasiswa peserta KKN Tematik dikerahkan melakukan sosialisasi tentang produk tanaman lokal yang dapat menjadi imunitas tubuh baik melalui pamflet maupun bertemu langsung dengan tetap menerapkan protokol covid-19.     

Sebab, pentingnya imunitas tubuh agar meningkatkan daya tahan tubuh dalam menangkal berbagai jenis virus penyebab penyakit terutama virus corona yang belum terdapat vaksinnya sampai saat ini.

yamaha

“Kami mengevaluasi pelaksanaan KKN tematik setiap pekan melalui webex meeting dan whatsapp agar memastikan terlaksananya kegiatan sesuai program. Antusias mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan sangatlah penting sehingga program dapat terlaksana dengan baik” ujar Tufaila yang juga mantan Dekan Fakultas Pertanian UHO.

Seperti diketahui, Covid-19 berawal dari Kota Wuhan di negeri Tiongkok pada akhir 2019 lalu masuk di Indonesia. Kini wilayah Sulawesi Tenggara pun menjadi salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang terdampak covid-2019.

Kebijakan pemerintah dalam menekan jumlah positif di terapkan pada semua kementerian tak terkecuali Kementerian Pendidikan Kebudayaan menjadi landasan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Halu Oleo (LPPM UHO) melakukan implementasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata Termatik mengarah pada penanggulangan covid-19 yang di danai oleh Badan Layanan Umum UHO.

Lokasi pelaksanaan KKN tematik berdasarkan tempat tinggal mahasiswa sebagai peserta KKN tersebar di beberapa kabupaten/kota yakni Kota Kendari (Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia, Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia, Kelurahan Wududopi Kecamatan Baruga), Kabupaten Konawe (Desa Wowalahambuti Kecamatan Pondidaha, dan Desa Tawarotebota Kecamatan Uepai), Kabupaten Buton Selatan (Desa Wawoangi Kecamatan Sampolawa, dan Desa Tongali Kecamatan Siompu), Kabupaten Kolaka Timur (Desa Lalowosula Kecamatan Ladongi), Kabupaten Konawe Utara (Desa Walalindu Kecamatan Asera), Kabupaten Kolaka Utara (Desa Puundoho Kecamatan Pakue Utara), dan Kabupaten Bombana (Desa Batu Putih Kecamatan Poleang Selatan).

Tim KKN Tematik ini selain berterimakasih kepada Rektor dan Ketua LPPM UHO juga menyampaikan terimakasih kepada para lurah dan kepala desa yang telah menerima mahasiswa KKN tematik dengan baik.

Citizen Journalism: Hadi Sudarmo

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.