Klaim Kantongi 37 Suara, Anton Timbang Optimis Nakhodai Kadin Sultra

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemilihan ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) periode 2021-2026 tinggal hitungan hari menuju puncak Muswil pada 11-13 Januari 2021. Menghadapi momen itu, salah satu kandidat calon Ketua Kadin Sultra, Anton Timbang, mengaku optimis memenangkan pertarungan menakhodai oraganisasi itu.

Anton Timbang optimis bukan tanpa alasan. Pasalnya, ia mengklaim didukung oleh beberapa pengurus Kadin kabupaten/kota pemilik suara dan anggota Luar Biasa, seperti Kadin Kendari, Konawe, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Kolaka, dan Kadin Kolaka Utara, serta anggota luar biasa Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) dan Ikatan Wanita wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi).

Menurutnya, dengan dukungan tersebut dipastikan ia menjadi Ketua Kadin Sultra. Sebab, dari 64 suara yang akan diperebutkan dalam Muswil Kadin, sudah mengantongi 37 suara.

“Kalau menurut hasil SC (Stering Comite) suara sah itu ada 64, 11 dari pengurus kabupaten masing-masing lima suara, enam dari pengurus Kadin karateker dan dua dari anggota Luar Biasa, sehingga kita mendapatkan 37 suara dari 64 suara,” ucapnya, Minggu (3/1/2021) malam.

“Dengan dukungan yang ada ini, Insya Allah kita bisa menang,” tambahnya.

Dikatakan Anton, dirinya sebenarnya tidak memiliki keinginan untuk tampil, namun adanya amanah. Apalagi amanah tersebut diberikan oleh orang nomor satu di Sultra.

“Pak Gubernur, Ali Mazi memanggil saya menyampaikan suatu hal, saat bertemu untuk saya maju sebagai Ketua Kadin Sultra. Setelah disampaikan, kalau memang ini amanah, saya siap melaksanakan. Kalau saya maju, tidak ada kata mundur, saya harus jadi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga membeberkan visi dan misinya jika terpilih sebagai Ketua Kadin Sultra. Ada beberapa poin penting disampaikannya, yakni menjadikan Kadin Sultra sebagai wadah berusaha dan pemersatu pengusaha untuk kemajuan dan peningkatan sektor ekonomi Sultra.

Adapun misinya, membuat road map kemudahan berwirausaha dan berinvestasi untuk 2021-2026 sehingga Sultra menjadi tujuan investasi secara internasional dan peningkatan ekspor.

“Termasuk mendorong lahirnya pengusaha baru dengan memfasilitasi generasi muda untuk melahirkan startup unggulan dan ekonomi kreatif berbasis dengan inovasi dan teknokogi dunia usaha terkini,” terangnya.

Misi lain akan diemban adalah membangun kemitraan strategis dengan pemerintah sebagai realisasi sinergi percepatan perbaikan iklim usaha antara Kadin Sultra dengan Pemprov Sultra melalui gugus tugas, yang akan dipimpin secara bersama oleh Ketua Kadin dan Gubernur yang melibatkan seluruh stakeholder dunia usaha.

Juga akan mendorong pembentukan Dewan Ekonomi Daerah Sulawesi Tenggara dan pengembangan SDM melalui kolaborasi lembaga pendidikan, serta penciptaan lapangan kerja.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.