Iklan Clarion

Klaim Kuasai 10 Partai, Umar Samiun Ambisi Calon Tunggal?

SULTRAKINI.COM: BUTON – Dukungan atas Umar Samiun dan La Bakry sebagai bakal calon (Balon) Incumbent di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buton 2017 terus mengalir. Bahkan secara percaya diri, Umar Samiun mengkalim dari 11 Parpol di Buton,10 diantaranya akan mengusungnya di Pilkada nanti.

Hal tersebut diungkapkan, Bupati Buton ini saat memberikan sambutan pada acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 Kelurahan Holimombo, Pasarwajo, Kamis (14/72016). Di acara ini, Ketua DPW PAN Sultra ini menjelaskan, dari 11 Parpol yang ada di Buton, selain PDIP ,10 diantaranya telah menyatakan akan mendukung pencalonannya bersama La Bakry di Pilkada Buton 2017.

“Insyaallah kita sudah lakukan negosiasi bersama sejumlah partai yang ada, dan dari 11 partai itu, dan saya yakin 1000 persen10 parpol yang ada akan mendukung kami di Pilkada nanti,” kata Umar Samiun dengan diikuti tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Disebutkannya, dalam waktu dekat ini sejumlah Parpol seperti Nasdem, Gerindra, dan PKB akan turut menyatakan sikap dengan memberikan rekomendasi kepada pasangan Umar Bakry untuk dijadikan kendaraan politiknya pada perhelatan pesta demokrasi 2017.

“Negosiasi itu kita sudah lakukan, misalnya satu-satu partai itu sudah menunjukan semacam keseriusannya, mulai dari PBB kemarin kan, dan dalam waktu dekat ini Nasdem Insayaallah juga, PKB juga serta Gerindra, karena kemarin kita sudah komunikasikan,” sebut pria bernama lengkap Samsu Umar Abdul Samiun ini.

Ia juga menambahkan, kemungkinan besar hanya ada satu pasangan calon (Paslon) saja pada Pilkada nanti mengingat 10 dari 11 Parpol yang ada akan merapat ke Umar Bakry.

Hal tersebut lanjut Umar Samiun, telah dijamin dalam undang-undang. Sehingga jika terjadi, dalam Pilkada nanti hanya akan dilakukan referendum oleh Paslon kepada Parpol pengusung.

“Karena jika partai tidak cukup yang dipersyaratkan oleh undang-undang dan dalam undang-undang itu dibisakan partai mengusung calon tunggal, ya paling nanti tinggal jajak pendapat saja, semacam referendumlah,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Sekretaris Partai Nasdem Kabupaten Buton, La Ode Safrudin, membenarkan bahwa dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengeluarkan rekomendasi kepada Umar Bakry.

“Iya benar, Insyaallah dalam waktu dekat ini, Nasdem akan mengeluarkan rekomendasi kepada Umar Bakry untuk digunakan sebagai kendaraan politiknya (Umar Bakry red),” kata Safrudin via selulernya.

Dasar dikeluarkannya rekomendasi tersebut, lanjut dia, sesuai dengan mekanisme dan tahapan Partai Nasdem, mulai dari pendaftaran sampai dilakukannya survei oleh tim 7 dari DPP terkait dengan tingkat elektabilitas Balon yang mendaftar.

Dari hasil survei tersebut, diketahui Umar Bakry mempunyai elektabilitas yang tinggi dibanding balon lainnya yang mendaftar di Partai Nasdem.

“Nasdemkan saat akan menentukan kemana arah dukungannya, sebelumnya telah melakukan survei, dan kebetulan Umar Bakry yang memiliki elektabilitas tinggi, sehingga sesuai dengan keinginan partai bahwa balon yang diusungnya ingin menang, ya maka kita merapat ke Umar Bakry,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.