Pelantikan kapolri

KNPI Baubau: Ramadhan, Momen Memperteguh Solidaritas Sosial

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Menjelang bulan suci Ramadhan, Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Baubau selaku wadah yang menghimpun potensi pemuda, menghimbau pemerintah dan masyarakat Kota Baubau menjadikan bulan suci Ramadhan untuk kembali memperteguh soliditas sosial kemasyarakatan sesama umat Islam dan memperteguh toleransi antar umat beragama.

 

Selain itu, KNPI juga ikut mendorong pemerintah Kota Baubau dan elemen terkait serta masyarakat Kota Baubau secara umum untuk aktif menjaga kesucian suasana dan lingkungan dalam bulan Ramadhan, serta menegakkan amar ma\’ruf nahi munkar.

 

\”Masyarakat umum diharapkan menghormati kaum muslimin yang lagi menjalankan ibadah shaum Ramadhan serta tidak makan minum maupun merokok di tempat terbuka yang bisa mengganggu kekhusyuan ibadah kaum muslimin. Khusus untuk pengelola dan pemilik rumah makan atau restoran agar tutup sepanjang hari,\” ujar Ketua KNPI Kota Baubau, Mamnun Laidu kepada SULTRAKINI.COM, Jumat (3/6/2016).

 

Kepada pemerintah, KNPI menghimbau agar menertibkan Tempat Hiburan Malam (THM) selama bulan Ramadhan dan diadakan pengawasan secara berkala. \”Pemerintah wajib ikut menciptakan suasana kondusif dalam pelaksanaan ibadah kaum muslimin dan memberikan peringatan hingga tindakan tegas bagi yang mengganggu aktivitas ibadah kaum muslimin,\” imbaunya.

 

Bila hal itu dilakukan secara patuh, tambah mantan aktivis UHO tersebut, maka dengan sendirinya ikut menangkal radikalisme agama dan disintegrasi bangsa maupun berkembangnya penyakit sosial kemasyarakatan seperti tindakan pemerkosaan, bentrok antar warga, maupun mengkonsumsi minuman beralkohol.

 

\”Sudah selayaknya dan sepatutnya dalam menghadapi dan menjalani shaum Ramadhan 1437 Hijriah, kami selaku DPD KNPI Kota Baubau merupakan salah satu elemen masyarakat di Kota Baubau, ikut mendorong agar hal diatas dapat tercipta dan berjalan sesuai keinginan kita bersama,\” tutupnya.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.