SULTRAKINI.COM: KENDARI - Dalam rangka perayaan hari sumpah pemuda setiap 28 Oktober, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) wilayah Sulawesi Tenggara, memanfaatkannya untuk memberikan penghargaan kepada para pemuda inspiratif yang ada di bumi anoa ini. Momen tersebut pun dilangsungkan di Hotel Grand Clarion Kendari dengan mengangkat konsep malam penganugrahan, "Pemuda Revolusioner Menginspirasi Kemajuan dalam Bingkai Nasionalisme," Senin (30/10/2017).

KNPI Sultra Beri Penghargaan Pada 12 Pemuda Inspiratif
Pemberian penghargaan pemuda inspirator bidang politik Adriatma Dwi Putra oleh Ketua KNPI Sultra, Umar Bonte. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Sebanyak 12 kategori pemuda inspirator pilihan DPD KNPI Sultra diberikan di ajang tersebut. Mereka yang menerima penganugrahan merupakan pemuda berprestasi dan menuangkannya untuk kemajuan Indonesia, khususnya Sultra sebagimana misi KNPI sebagai organisasi pemuda. Berikut 12 pemuda inspiratif pilihan KNPI Sultra.

1. Pemuda inspirator bidang politik diberikan kepada Adriatma Dwi Putra (Wali Kota Kendari) sebagai wali kota termuda di Indonesia.

2. Pemuda inspirator bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) diberikan kepada Dr. Azhari (Rektor USN Kolaka)

3. Pemuda inspirator bidang lingkungan diberikan kepada Ishak Bafadal sebagai Ketua Forum Komunitas Lingkungan Kota Kendari.

4. Pemuda inspirator bidang enterpreneurship diberikan kepada Hendrawan Sumus Gea (Ketua Serikat Pedagang Pasar Kota Kendari).

5. Pemuda inspirator kesehatan diberikan kepada Rusman Patawari sebagai PNS Dinas Kesehatan Baubau atas pelayanan kesehatan di daerah-daerah terpencil.

6. Pemuda inspirator national networking diberikan kepada Ismail Saleh sebagai Ketua Perhimpunan Pengusaha Indonesia di Malaysia.

7. Pemuda inspirator bidang kreativitas diberikan kepada Rendra Manaba pendiri Sultra Kreatif Forum.

8. Pemuda inspirator bidang olah raga diberikan pada Saddil Ramdani atas prestasinya sebagai pemain sepak bola asal Sultra yang memperkuat Timnas sepak bola Indonesia.

9. Pemuda inspiratif bidang seni diberikan kepada Fildan Rahayu sebagai jawara Dangdut Indonesia asal Kota Baubau, Sultra.

10. Pemuda inspirator bidang pariwisata budaya diberikan kepada Julie Artanti sebagai desainer busana nasional asal Sultra.

11. Pemuda inspirator bidang sosial kemasyarakatan diberikan kepada Rizal Bajo sebagai pendiri Sikola Bajo dan Kepala Desa Bajo.

12. Pemuda inspirator bidang sosial media (Sosmed) diberikan kepada Arham sebagai Bloggers dan salah satu penulis naskah Film Molulo.

"Kegiatan ini murni kegiatan KNPI. Jadi ini merupakan langkah awal untuk KNPI bahwa kami tidak hanya berdiam diri, kedepannya hal samacam ini bisa lebih besar lagi, tapi itu harus ada dorongan dari pemerintah," ucap Ketua KNPI Sultra, Umar Bonte.

Dikesempatan itu juga, dirinya ikut memberikan semangat kepada para pemuda, utamanya Sultra untuk lebih banyak mengukir prestasi demi kemajuan daerah di masa mendatang.

Sebagai inspirator bidang politik, Adriatma Dwi Putra menanggapi positif dan responsif atas pemberian tersebut. Di satu sisi, anugerah tersebut menjadi motivasi bagi para pemuda untuk terus berkarya serta bercita-cita.

"Terima kasih pada KNPI, ini merupakan dorongan motivasi bagi kami, semoga KNPI makin maju," ucapnya.

Selain memberikan penghargaan kepada 12 inspirator, DPD KNPI Sultra juga memberikan penghargaan khusus kepada pemuda samangat juang yang memiliki jasa dan nilai perjuangan yang begitu besar untuk Sultra.

Penghargaan itu diberikan kepada Bupati Buton Selatan (Busel) Agus Faisal Hidayat karena nilai perjuangannya untuk mewujudkan pembangunan di Sultra. Serta penghargaan juga diberikan kepada Kendari Pos sebagai media pengontrol pembangunan di Sultra serta penghargaan pemuda inspirator tenaga kesehatan diberikan ke Heryanto sebagai Ketua PPNI Sultra.

Laporan: Hasrul Tamrin

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations