KNPI Sultra Gagas Bidang Pertambangan Berbasis Kemasyarakatan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebagai langkah meningkatkan kegiatan pertambangan di Sulawesi Tenggara, Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sultra mengagas bidang pertambangan lewat lokakarya dengan mengusung tema pengelolaan dan pemanfaatan pertambang yang berkarakter kerakyatan dan prespektif ekologi di Hotel Grand Clarion Kendari, Sabtu (12/8/2017).

Ketua Panitia Lokakarya, Hapkri mengatakan kegiatan ini lahir sebagai bentuk kepedulian KNPI Sultra terhadap pertambangan Sultra yang tidak berbasis masyarakat.

“Setelah kami lakukan investigasi kurang lebih empat bulan, kami menemukan beberapa kendala di pertambangan hampir di setiap daerah pertambangan di Sultra, sehingga lewat momen ini pemuda harus tahu, masyarakat harus tahu, apa permasalahan, sehingga bisa lahir gagasan untuk berubah,” ungkap Hapkri.

Wakil ketua DPD KNPI Sultra ini juga telah melakukan investigasi dan menemukan banyak kejanggalan di lokasi pertambangan. Misalnya persoalan izin usaha pertambangan.

yamaha

“Harapannya pengelolaan tambang yang ada di Sultra ini bisa berbasis kemasyarakatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Kegiatan lokakarya berlangsung mulai 12-13 Agusutus 2017. Hadir pula di dalamnya para praktisi, akademisi, kepolisian, LSM, organisasi kepemudaan dan mahasiswa.

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.