Kolaka Raya Diharapkan Kembalikan Kejayaan Kakao di Sultra

SULTRAKINI.COM : KOLAKA – Sulawesi Tenggara adalah salah satu daerah yang mempunyai potensi kakao terbesar di Indonesia. Bahkan puluhan tahun silam, wilayah ini pernah menjadi pemasok buah kakao terbesar di Indonesia. Namun seiring waktu, hasil produksi kakao di Sultra mengalami penurunan, seperti di Wilayah Kolaka.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengungkapkan, potensi peningkatan hasil produksi kakao di Kolaka masih sangat berpotensi. “Kalau kami di Kolaka masalah kakao itu memang masuk dalam program prioritas. Namun kami juga pasti butuh dukungan, terutama dari Provinsi. Pak Gubernur dalam pidatonya sudah menyinggung masalah itu. Inilah yang nanti kami coba padukan dengan Kolaka Utara dan Kabupaten Kolaka Timur,” katanya, Rabu (01/03/2017).  

Ditempat yang sama, Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam menjelaskan, salah satu faktor yang membuat hasil perkebunan jenis kakao saat ini adalah tanaman yang sudah mulai menua.

Id Bulog

“Selan itu hasil produksi kita juga rendah. Inilah yang akan kembali kita dorong, bagaimana Sulawesi Tenggara kembali menjadi daerah basis penghasil buah kakao secara Nasional,” ujarnya.

Dia menambahkan, daerah Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka Timur akan menjadi daerah utama pengembangan buah kakao. Pemprov juga bakal mendukung pencapaian tersebut melalui kebijakan program komoditas unggulan.

Melalui pogram prioritas dan kebijakan nantinya, Pemprov akan meningkatkan pembangunan infrastruktur didaerah sentra-sentra penghasil kakao. Serta peningkatan kapasitas transportasi laut melalui fungsi pelabuhan.

Laporan: Suparman Sultan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.