Kolaka Utara Diguncang Gempa Bermagnitudo 3,5 Jumat Pagi

  • Bagikan
Monitoring BMKG gempa di Kolaka Utara, Jumat (16/4/2021).

SULTRAKINI.COM: Gempa tektonik mengguncang wilayah Pakue, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara pada Jumat (16/4/2021) pukul 08:42:07 Wita. Gempa berlokasi di darat pada jarak 5,4 kilometer, tenggara Pakue pada kedalaman sepuluh kiometer.

Monitoring Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) diketahui, gempa bermagnitudo 3,5 yang dihasilkan dari aktivitas sesar lokal. Gempa dikategorikan dangkal.

Berdasarkan laporan masyarakat, getaran gempa dirasakan di wilayah Porehudan Pakue skala iintensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasan getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun, hingga kini belum ada laporan kerusakan bangunan sebagai dampak gempa.

“Hingga pukul 09:15:00 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan,” jelas Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/4/2021).

Masyarakat juga diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga agar menghindari bangunan retak atau risak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan