Koltim Berangkatkan 140 CJH

  • Bagikan
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Koltim, Muh. Askar. (Foto: Hasrianty/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR – 140 calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Kolaka Timur akan diberangkatkan bergabung dalam kloter 23 pada 15 Agustus 2017.

“Kita meninggalkan Koltim 15 Agustus menuju embarkasi Makassar. Dan 17 Agustus kemudian jamaah menuju Madinah. Saya sendiri yang akan menjadi pendamping,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Koltim, Muh. Askar, Kamis (20/7/2017).

CJH terbanyak berasal dari Kecamatan Lambandia sebanyak 66 orang. Sedangkan Kecamatan Uluiwoi dan Kecamatan Ueesi tidak memiliki perwakilan CJH.

Data sebelumnya, jamaah asal Koltim sebanyak 145 orang. Namun empat CJH diantaranya kembali ke Kabupaten Kolaka dan satu CJH diketahui meninggal. 

Dibandingkan tahun 2016, jumlah CJH tercatat 64 orang. Namun kembali bertambah di tahun ini setelah adanya pengembalian kuota normal dan penambahan kuota nasional.

Sehubungan transportasi, pemerintah daerah telah menyiapkan subsidi senilai RP 1 juta per jamaah. “Untuk transportasi lokal memang tanggung jawab pemerintah berdasarkan UUD No 13 Tahun 2008, Kalau anggaran pemerintah itu cukup untuk membiayai transportasi lokal. Namun kalau tidak cukup, tentunya akan dibebankan kepada jamaah. Karena ONH (ongkos naik haji) hanya menanggung transportasi dari embarkasi Makasar ke Madinah,” jelas Askar.

Laporan: Hasrianty

  • Bagikan