Koltim Direncanakan Jadi DOB Percontohan Nasional

SULTRAKINI.COM : KOLTIM – Gencarnya pembangunan yang dilakukan oleh Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah, mendapat apresiasi dari tim Observasi Direktorat Jendral Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri (Kemendargi). Direncanakan, Koltim akan menjadi Pilot Project atau percontohan bagi Daerah Otonomi Baru (DOB) di Indonesia.

 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Subdirektorat Otonomi Khusus Wilayah I, Akmal Malik, saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Koltim, Kamis (12/5/2016).

 

Menurutnya, pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Tony Herbiansyah, sejak menjadi Pejabat Bupati pada 2013 lalu, merupakan indikator keberhasilan Koltim sebagai suatu daerah otonomi.

 

Selain itu, lanjut pria yang akrab disapa Akmal tersebut, meskipun Koltim baru memiliki Bupati definitif sekitar dua bulan lalu, namun telah memiliki perencanaan pembangunan yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dengan adanya dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai software yang tak kalah pentingnya dari pembangunan itu sendiri.

yamaha

 

Olehnya itu, Ia tak menampik terkait rencana Koltim menjadi Pilot Project DOB di Indonesia. Pasalnya, hampir semua indikator yang dibutuhkan untuk itu dimiliki oleh Koltim.

 

\”Why not? menurut saya, kalau Koltim sudah mempersiapkan software-nya kemudian ada leadership yang cukup bagus, kemudian ada dukungan sumber daya manusia yang mumpuni, saya optimis Koltim dapat menjawab pertanyaan sebagian besar orang yang mengatakan bahwa mayoritas DOB itu gagal,\” ungkapnya.

 

Ia menambahkan, bahwa dari apa yang Ia lihat dalam kunjungannya ini, Koltim memiliki peluang untuk menjadi Pilot Project DOB di Sulawesi Tenggara dan bahkan ditingkat nasional.

 

Kunjungan Tim kemendagri ke Koltim tersebut, yakni untuk melakukan evaluasi terhadap roda pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan terhadap DOB yang notabene masih dibawah binaan dari Kemendagri.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.