Koltim Punya Kampung Buah Naga Sebagai Sentra Agrobisnis

  • Bagikan
Peresmian kampung buah naga di Desa Talinduka, Kecamatan Dangia, Kabupaten Kolaka Timur, Sultra. (Foto: Hasrianty/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR – Siapa yang tak kenal buah Naga, Marga Hylocereus yang tumbuh di Meksiko ini, dibudidayakan di negara-negara Asia. Namun kini, Kecamatan Dangia akan dicanangkan sebagai kampung buah Naga yang berada di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Jumat (15/9/2017). Lahan kosong nantinya dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai lokasi sentra produksi Agrobisnis wilayah Koltim.

Kecamatan Dangia terdiri dari 12 desa. Salah satunya, Desa Talinduka yang dijadikan lokasi peresmian kampung buang Naga. Dipilihnya daerah ini, sebab masyarakat mulai berbondong-bondong menanam buah yang banyak diolah menjadi jus tersebut.

“Kami upayakan 12 desa di Kecamatan Dangia dalam jangka waktu enam bulan ke depan semua sudah menanam, masyarakat harus memanfaatkan lahan kosong. Kami berharap, Kecamatan Dangia sebagai pemasok buah Naga di Sultra,” jelas Camat Dangia, Mursalim.


Laporan: Hasrianty

  • Bagikan