Iklan Clarion

Kominfo Bangun Website Satu Pintu Untuk Kemudahan Akses Informasi Publik

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Salah satu upaya Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kendari dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat pihaknya membangun jaringan website satu pintu untuk informasi layanan SKPD, juga menyediakan jaringan wifi gratis bagi masyarakat Kota Kendari di 2018.

Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari, Moh. Nur Rasak mengatakan untuk peningkatan informasi di Kota Kendari akan dibangun sarana dan prasarana terlebih dahulu. Sementara itu untuk website sudah ada dan sudah jalan sejak bulan Januari 2018. Untuk tujuan meningkatkan penggunaan website, pihaknya akan membentuk langkah baru diberinama Fiber Optic (FO).

“Sarana untuk tahun anggaran 2018 kita akan buat Fiber Optic, kita akan konekan dari bumi praja satu ke bumi praja dua, yang ada perkantoran di samping rumah sakit daerah Abunawas Kota Kendari. Kita akan bikin FO di sana. Itu nyambung ke sana langsung, sehingga kedepannya tinggal dibuat software. Untuk informasi kota bisa langsung diakses lewat situs www.Kendarikota.go.id,” ujar Nur Rasak, Selasa (6/2/2018).

Lebih lanjut, ia menjelaskan Website tersebut kedepanya akan lebih memudahkan masyarakat khususnya masyarakat Kota Kendari dalam mengakses informasi seputar kegiatan di wilayah kerja Wali Kota Kendari.

“Misalkan mau akses salah satu SKPD, contohnya Dinas Lingkungan Hidup (DLHK), jadi kalau mau butuh informasi tentang DLHK tidak perlu lagi masuk di situs DLHK tinggal masuk di website tersebut semua sudah ada di dalamnya tergantung kebutuhan kita,” jelas Nur Rasak.

Menurutnya, perbedaan website dulu dengan yang direncanakan, yakni pengunjung akan memasuki website masing-masing SKPD yang diinginkan gunamengaksies informasi.

Website tersebut, kata dia akan selalu update setiap ada kegiatan di kantor Wali Kota Kendari. Bahkan, pihaknya juga menyediakan wifi di tempat-tempat terbuka. Untuk itu, saat ini sudah terpasang lima titik dan dalam waktu dekat akan ada tambahan lima titik lagi seiring adanya titik pemasagna aliran listrik.

“Ada bantuan dari Telkomsel wifi sepuluh titik itu akan dipasang di tempat  terbuka. Yang sudah terpasang saat ini ada di kantor Kominfo, Taman kota (Tamkot), Taman Kali Kadia, Rumah Sakit Umum, Taman Meohai Kendari Beach, dan itu gratis langsung terkoneksi bisa langsung diakses,” ujarnya. 

Dirinya berharap dengan adanya website ini, masyakat tidak lagi ketinggalan informasi, sehingga kedepannya tentang informasi apa yang dibutuhkan mudah untuk diaksesnya.

“Misalnya kalau mau mengurus KTP tidak perlu lagi ke kantornya menanyakan persyaratan pembuatan KTP, cukup diakses di web saja, ” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.