Iklan Clarion

Komisioner KPU Buton Bakal Hadiri Sidang DKPP

SULTRAKINI.COM: BUTON – Komisioner KPUD Buton bakal menghadiri sidang di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Kendari. Sidang DKPP ini atas laporan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Buton, LO Paslon Umar – Bakry, dan LO Bakal Calon Hamin – Farid Bachmid.

yang menduga bahwa KPU tidak profesional dalam menjalankan tugas saat membuka pendaftaran cabup dan cawabup Buton beberapa waktu lalu.

Ketua KPUD Kabupaten Buton, Alimudin Sikuru, pada awak media diruang kerjanya, Selasa (6/12/2016) mengatakan, kehadiran mereka (Komisioner -red) di DKPP adalah untuk mengikuti sidang atas laporan sejumlah pihak bahwa KPU tidak profesional dalam menjalankan tugas saat pendaftaran cabup dan cawabup Buton.

“Belum ada surat resmi dari DKPP, tapi kami hanya disampaikan siap – siap saja minggu ini,” kata Alimudin.

Menurutnya, pihaknya saat ini sedang konsentrasi menyiapkan jawaban sebagai pembelaan atas dugaan yang disangkakan tersebut. Mengenai tahapan Pilkada, kata Alimudin, tidak akan terganggu meski KPU menjalani sidang di DKPP. Sebab itu adalah tanggungjawab KPU sebagai Penyelenggara Pilkada.

“Untuk itu kami akan konsentrasi menyiapkan pembelaan dan insyaallah tidak akan mempengaruhi tahapan Pilkada,” ujarnya.

Diakuinya, persoalan tersebut sudah diserahkan pada kuasa hukumnya. Namun, demi menyelamatkan nama lembaga, pihaknya tetap membantu untuk menyiapkan bukti – bukti, sehingga mempermudah kerja kuasa hukum yang telah diberi kewenangan penuh untuk menangani persoalan yang tengah dihadapi KPU.

“Boleh dikata konsentrasi kami bagaimana bisa menyelamatkan nama lembaga, kami menyerahkan sepenuhnya pada kuasa hukum kami, tapi kami membantu dengan menyediakan alat -alat bukti yang ada,” pungkasnya.

Reporter : La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.