Komoditas Unggulan Buteng Tembus Pasar Luar Negeri, Tapi

  • Bagikan
Kepala Dinas Pangan Kabupaten Buton Tengah, Sirudin. (Foto: Wa Rifin/SULTRAKINI.COM)
Kepala Dinas Pangan Kabupaten Buton Tengah, Sirudin. (Foto: Wa Rifin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kepala Dinas Pangan Kabupaten Buton Tengah, Sirudin optimis semua hasil olahan pangan yang dipamerkan pada Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 berdampat positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sirudin mengatakan, komoditas unggulan di Buteng saat ini, yakni jambu mete dan ikan teri. Hal ini juga telah diekspor ke negara Asean. Namun, produk tersebut masih menggunakan nama daerah lain.

“Sayangnya masih menggunakan nama daerah lain walaupun penghasilannya dari Buteng,” ujar Sirudin di lokasi Pameran Pangan HPS ke-39, Senin (4/11/2019).

Pemda Buteng saat ini, kata dia, sedang mengupayakan hasil pengelolaan alam di kabupaten setempat mampu menembus pasar global. Misalnya, hasil perkebunan dan rumput laut. Termasuk mengembangkan pengelolaan jambu mete kentaki, dan sambal ikan teri.

“Setiap rumah tangga sebagian besar punya usaha budidaya rumput laut. Di pameran ini kami perkenalkan kepada tamu, rumput laut dalam bentuk olahan yaitu keripik,” ungkap Sirudin.

Tidak hanya keripik rumput laut, stand Kabupaten Buteng juga memamerkan puding ubi jalar ungu, Juwawut, abon ikan, keripik ubi, keripik pisang yang total pangan olahannya sekitar 25 olahan.

Laporan: Wa Rifin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan