Konawe Bakal Khilangan 24 Ribu Suara di Pilbup 2018

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilbup Konawe 2018 mendatang bakal turun drastis. Setidaknya penurunan itu mencapai 24 ribu pemilih.

 

Ketua KPUD Konawe, Sarmadan menuturkan, penurunan 24 ribu DPT Konawe disebabkan hilangnya DPT dari Konkep. Sebagaimana diketahui, usai Pilbup 2013 lalu Konkep resmi pisah dengan Konawe. Sehingga 24 ribu DPT yang ada di sana dengan serta merta akan mengurangi DPT di Konawe.

 

\”Data acuan untuk DPT nantinya masih akan merujuk pada Pilbup 2013 lalu. Makanya angkanya akan turun. Namun di sisi lain juga tetap akan terjadi kenaikan,\” jelasnyan.

 

Kenaikan yang dimaksud lanjut Sarmadan, adalah pertumbuhan usia para pemilih. Misalnya, jika pada tahun 2013 lalu warga belum memilih karena belum cukup umur, maka 2018 nanti usia mereka sudah bisa masuk DPT.

 

\”Makanya, upaya dari kami nanti akan memferifikasi kembali DPT 2013. Sehingga walaupun DPT-nya berkurang akibat pemekaran, namun di sisi lain tetap ada penambahan karena tingkat faktor usia pemilih yang bertambah,\” tandasnya.(B)

 

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.