Konawe Utara Kembali Diguncang Gempa

SULTRAKINI.COM: Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara kembali diguncang gempa pukul 11:26:20 Wita, bermagnotudo 3,4 pada Rabu (3/10/2018).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa berada di koordinat 3.50LS-122.78BT sekitar 53,6 kilometer timur laut Kendari (71.2 kilometer laut Wanggudu), Sulawesi Tenggara pada kedalaman 11 kilometer.

Gempa dilaporkan dirasakan masyarakat Kecamatan Sawa dan Kecamatan Molawe, Kabupaten Konut akibat aktivitas sesar Manui di Sulawesi Tengah.

“Terkait dengan gempa bumi di wilayah Konawe Utara ini, hingga laporan ini disusun pukul 12.30 Wita, belum terjadi aktivitas gempa susulan. Sampai dengan saat ini, belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” jelas Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si dalam rilisnya, Rabu (3/10/2018).

Rosa menerangkan, gempa tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diimbau tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa.

“Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar Manui,” tambanya.

Konawe Utara sebelumnya diguncang gempa bermagnitudo 3,8 pada Rabu (3/10) pukul 05:12:21 Wita tadi. BMKG juga menyeluarkan pernyatakan bahwa gempa tak berpotensi tsunami, namun hal itu dipicu oleh sesar yang sama, yakni sesar manui di Sulawesi Tengah.

(Baca: Konawe Utara Diguncang Gempa Bermagnitudo 3,8)

Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.