Kondisi Keuangan Sehat, Bank BTN Syariah Kendari Buat Terobosan Keumatan

  • Bagikan
Manajemen Bank BTN Syariah Kendari merayakan setahun berdirinya (Foto: Ist)
Manajemen Bank BTN Syariah Kendari merayakan setahun berdirinya (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Diusianya yang setahun sejak mulai beroperasi pada 20 November 2019 silam, kondisi keuangan Bank BTN Syariah Kendari menunjukkan kondisi sehat. Hal ini akan menjadikan Bank BTN Syariah untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada nasabah, masyarakat, dan developer hingga pada gerakan pembangunan ekonomi keumatan melalui masjid.

Meski dalam situasi ekonomi nasional yang berat, Bank BTN Syariah tetap mampu menunjukkan perkembangan bisnis yang positif. Kondisi ini tercermin dari berbagai indikator yang menunjukkan peningkatan secara signifikan.

Total laba yang telah dibukukan oleh  Bank BTN KCS Kendari adalah sebesar Rp70 miliar dengan pertumbuhan di tahun pertama sebesar 140 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa kondisi keuangan Bank BTN Syariah Kendari di milad pertamanya, berada dalam kondisi sehat.

“Alhamdulillah dimasa pandemi ini kita banyak relaksasi, banyak transformasi dari manual ke digital. Dan kami juga banyak melakukan edukasi ke developer, ke masyarakat. Alhamdulillah pencapaian dari pusat kami sudah melebihi target,” ungkap Edwin Barki , Branch Manager (BM) Bank BTN Syariah KCS Kendari, Minggu (22/11/2020).

Lanjut Edwin menyampaikan, keberhasilan tersebut tak lepas dari peran jasa dan loyalitas semua pihak, mitra kerja, nasabah dan juga karyawan. Loyalitas yang dibangun sebagai fondasi bisnis menjadi kunci dari perjalanan BTN Syariah Kendari hingga sekarang.

Kata dia, Bank BTN Syariah Kendari mulai menggulirkan terobosannya dalam hal membangun gerakan ekonomi umat, yakni dengan gerakan 1000 masjid. Untuk menggalakkan program ini Bank BTN Syariah Kendari dengan Aplikasi Link Aja yang nantinya akan ada transaksi dan donasi hanya dengan scan barcode dengan program link aja. 

“Nantinya kita akan kerjasama dengan pengurus Masjid untuk membuka Rekening BTN Syariah dan nantinya kita berikan Barcode link aja. Jadi orang mau donasi bisa meskipun tanpa langsung ke masjid. Sehingga donasi masyarakat aman dan bisa di pertanggungjawaban,” jelasnya.

Edwin Barki menjelaskan momentum hari jadi Bank BTN Syariah yang pertama ini adalah mendukung visi BTN konvensional, yakni menjadi SBU Bank Syariah terkemuka, sehat dan menguntungkan dalam penyediaan jasa keuangan syariah dan mengutamakan kemaslahatan bersama. Mendukung visi BTN  Konvensional, yakni menjadi Bank yang terkemuka dalam pembiayaan perumahan dan mengutamakan kepuasan nasabah.

“Kami akan menjadi Bank terbaik dalam pembiayaan perumahan di Asia Tenggara menuju tahun 2025,” terangnya.

Meskipun sistem ekonomi syariah saat ini sedang mengalami perkembangan pesat. Namun meski pertumbuhannya cukup signifikan, pangsa pasarnya masih sangat kecil. Butuh usaha lebih keras dalam mengenalkan sistem syariah kepada masyarakat luas.

“Kami terus melakukan sosialisasi memperkenalkan kepada masyarakat bagaimana bertransaksi secara syariah, kami biasa sosialisasi di masjid, di komunitas. Bahkan kami pernah sosialisasi di komunitas tionghoa. Dan Alhamdulillah kebanyakan yang menggunakan model Kerja kita itu orang chinese,” ucapnya.

Edwin Barki pun sangat ingin memperkenalkan transaksi syariah ke masyarakat Sultra secara luas untuk bertransaksi secara syariah. Dengan adanya BTN Syariah Kendari yang telah  menyediakan kebutuhan pokok masyarakat yakni rumah tinggal, nantinya dengan itu masyarakat mengenal transaksi syariah. Bahwa Setiap nasabah yang membuka tabungan rumah, Bank BTN syariah Kendari akan memberikan tiga pilihan yakni Haji,  Qurban atau tabungan emas.

“Nasabah yang mengambil rumah di BTN Syariah kita kasih tabungan gratis, Haji, Qurban atau Emas. Jadi setidaknya mengingatkan mereka. Insyaallah mereka akan teringatkan, sudah ada niat mereka untuk berhaji dan berqurban,” ungkap Edwin.

Kedepan, Bank BTN Syariah Kendari berupaya melahirkan pengusaha-pengusaha baru dan meningkatkan kesejahteraan serta kualitas hidup masyarakat setempat khususnya di Sultra.

“Saya sangat semangat mendorong dan mensupport masyarakat lokal menjadi wirausaha baru. Saya selalu menyampaikan kepada para wirausaha baru , minimal mereka bisa besar dan menjadi raja di kampung sendiri,” tegasnya.

Untuk diketahui, Bank BTN Syariah Kendari merupakan  anak perusahaan PT Bank Tabungan Negara Tbk, yang mengembangkan bisnis syariahnya dengan membuka Kantor Cabang Syariah (KCS) ke-25 di Kendari.

Bank Syariah adalah Bank yang operasionalnya menggunakan prinsip-prinsip Syariah di dalam Islam. Maksudnya di sini adalah Bank tersebut beroperasi dengan mengikuti ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh agama Islam atau Syariah Islam. (C)

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan