Konsel Bantu Sukseskan Swasembada Pangan Nasional Melalui Kedelai

  • Bagikan
Penyerahan bibit ke petani oleh Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga. (Foto: Adryan Lusa/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Dalam rangka mensukseskan Swasembada Pangan Nasional serta mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat, Pemerintah Daerah setempat mencanangkan penanaman perdana kedelai di Desa Tolihe, Kecamatan Baito, Kamis (5/10/2017).

Pencanangan perdana dilakukan langsung Bupati Konsel Surunuddin Dangga didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Konsel Akbar, Kapolres Konsel AKBP Hamka Mapaita, Camat Baito Sulman, Kepala Bagian Humas Hermawan, Kasubdit Dirjen TP-Kementan Lia, Kepala DInas TP dan Peternakan Sultra Antoni Malaka, Kepala Bidang Adm dan Keuangan Divre Bulog Laode Suelman.

Surunuddin mengatakan, bantuan bibit dari Kementerian Pertanian itu terhubung dengan Rencana Program Jangka Menengah Daerah Konsel di bidang pertanian guna meningkatkan hasil produksi berbasis pedesaan.

“Jadi program pemerintah daerah sudah bersinergi dengan program Kementan, sehingga Konawe Selatan mendapat kuota bantuan lebih dari wilayah lain,” ujar Surunuddin dalam sambutannya.

Pemda juga sudah memikirkan serta merancang dan memberikan solusi untuk mendukung suksesnya semua program ini, walaupun dengan minimnya anggaran. Dengan keterbatasan APBD, pihaknya tetap memprioritaskan dengan bantuan dari pempov dan pemerintah pusat.

“Kita harus terus mendorong peningkatan penghasilan petani, dengan cara mengola lahan berkelanjutan dengan jenis komoditi lain, contoh dari padi ke kedelai atau jagung,” kata Surunuddin.

Sehubungan dengan pemasarannya, pihaknya tetap mengandalkan Bulog dalam perputaran nilai ekonomi hasil pertanian para petani kedelai. Termasuk peran aktif dari aparat desa, camat sampai penyuluh.

Laporan: Adryan Lusa

  • Bagikan