Iklan Clarion

Konsep Germas Hidup Sehat untuk Perubahan Gaya Hidup di Konkep

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Forum diskusi Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat resmi dibentuk di Kabupaten Konawe Kepulauan. Wakil Bupati Konkep, Andi Muhammad Lutfi bersama Sekda Cecep Trisnajayadi juga menghadiri forum tersebut, Selasa (4/04/2017).

Germas hidup sehat merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan bersama oleh seluruh komponen bangsa serta lintas sektor  dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Penerapan Germas dalam kehidupan melalui aktifitas fisik, mengkonsumsi sayuran dan buahan, memeriksakan kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Andi muhamad lutfi mengatakan, gerakan masyarakat (Germas) di mulai dari keluarga sebagai lingkungan terkecil dari masyarakat. “Karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian,” katanya, Selasa (4/04/2017).

Menurut Andi, sakit tidak hanya diderita pada fisik tetapi juga dibentuk dari perilaku manusia. Misalnya perubahan gaya hidup sebagai sumber penyakit. Untuk itu, kesehatan masyarakat juga mempengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempengaruhi pencapaian tujuan pembangunan.

“Masalah ini menginspirasi visi dan misi kami selaku Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan periode 2016-2021, terwujudnya tata peradaban masyarakat Wawonii yang bebas dari belenggu keterbelakangan sosial-ekonomi dan sosial budaya,” tuturnya.

Dia berharap adanya peran dari masing-masing SKPD untuk membuat perencanaan demi mengsukseskan Germas hidup sehat.

Laporan: Aldi Darmawan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.