Konut Terbanyak Terima BSPS 2020 di Sultra

  • Bagikan

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Bupati Konawe Utara, Ruksamin
resmi menyerahkan buku tabungan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) 2020, bagi warga yang memiliki rumah tidak layak Huni. Jumlahnya sendiri dinilai yang terbanyak di Provinsi Sulawesi Tenggara.

BSPS di Konut merupakan bagian dari program sejuta rumah yang disalurkan oleh pemerintah pusat di seluruh wilayah Indonesia melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Daerah, termasuk Kabupaten Konut, Sultra.

Penyerahan BSPS dilakukan di tiga kecamatan Kabupaten Konut, yakni Andowia, Asera, Oheo, Landawe, dan Wiwirano. Proses pembangunan dilakukan untuk 576 unit rumah baru dan 203 unit peningkatan kualitas. Total jumlah tersebut menjadikan Konut sebagai penerima BSPS terbanyak di Provinsi Sultra.

“Satu hal yang patut kita syukuri sudah dua tahun terakhir ini di Kabupaten Konawe Utara untuk bantuan perumahan desa BSPS ini selalu yang terbanyak di Provinsi Sulawesi Tenggara,” ucap Ruksamin, Kamis (23/7/2020).

Meski terbanyak, Pemda Konut akan terus berupaya agar masyarakat lainnya yang memiliki rumah tidak layak huni ikut merasakan bantuan tersebut.

“Warga yang belum mendapatkan BSPS bersabar dulu, semua sudah saya data, asal layak untuk mendapatkan BSPS saya usulkan, tapi yakin dan percaya bapak-ibu sekalian kami selaku pemerintah daerah tidak akan berhenti sampai pada pemberian bantuan tadi, kami akan terus melakukan upaya agar seluruh masyarakat kurang layak mendapatkan bantuan ini,” jelasnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Konut, Aziz Muslim, pemberian BSPS patut disyukuri sebab hal tersebut bagian dari upaya dan kerja keras bupati Konut yang koordinasi dan konsultasi di pusat sehingga pemberian bantuan cepat direalisasikan.

“Patut kita syukuri bahwa banyak daerah lain di Indonesia sudah dilanda banjir tetapi tidak secepat ini untuk direalisasikan bantuannya oleh pemerintah pusat, kenapa di Konawe Utara demikian cepat, tentu ini usaha dan kerja keras kita semua khususnya bapak bupati tidak henti-hentinya melakukan koordinasi dan konsultasi di pusat dan mengarahkan kepada semua OPD melakukan percepatan pembangunan,” ujarnya.

Penyerahan secara simbolis BSPS di Konut turut hadir Ketua DPRD Konut Ikbar, kadis Perhubungan Konut, dan masing-masing camat di wilayah setempat. (C)

Laporan: Aripin Lapotende
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan