Konut Terima Bantuan Fasilitas Persemayan Bibit Tanaman Pelindung dari Kementerian LHK

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) melalui Dinas Lingkungan Hidup menerima bantuan fasilitas persemayan bibit tanaman pelindung dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melalui Badan Pengelolaan Aliran Sungai dan Hutan Lindung Provinsi Sulawesi Tenggara.

Fasilitas persemayan bibit tersebut nantinya menampung sekitar 40 ribu jenis pohon pelindung, di antaranya, Pohon Mahoni, Jati Lokal, Ketapang Kencana, Gelodokan Tiang, dan Pohon Tabebuya berwarna warni.

Saat ini pemerintah Konut melalui Dinas lingkungan Hidup menyiapkan lahan dua hektare di Desa Lahimbua, Kecamatan Andowia sebagai tempat persemayan bibit pelindung tersebut.

Kepala DLH Konut, Aidin, mengatakan, pengerjaan fasilitas persemayaan bibit bakal segera dilaksanakan tahun ini. Permohonan bantuan fasilitas bibit diusulkan sejak dua tahun lalu, namun baru terealisasi tahun ini.

“Anggarannya siap, awal Juni 2021 dilakukan persiapan pembenahan fasilitas persemayan. Dengan target tahap pertama 40 ribu pohon,” jelasnya, Jumat (28/5/2021).

Menurutnya, adanya fasilitas persemayan bibit di Konut sangat memudahkan ketersedian bibit oleh masyarakat untuk peruntukan penghijauan, sebab selama ini untuk mendapatkan bibit tersebut Pemda Konut harus mengeluarkan biaya agar mendapatkan bibit di pusat persemayaan Bapedas Provinsi yang berada di Kabupaten Konawe Selatan.

“Adanya fasilitas persemayan bibit di Konut akan sangat memudahkan masyarakat mendapatkan bibit, ini tidak terlepas dari dukungan Pak Bupati Konut yang terus memberikan support (dukungan) untuk mendatangkan bantuan tersebut,” tambahnya. (B)

Laporan: Aripin Lapotende
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.