Kota Kendari Ditunjuk Pilot Project e-Planning Wilayah Sultra

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari mendapat tawaran sebagai daerah percontohan penggunaan aplikasi e-Planning dari Kementerian Dalam Negeri. Salah satu sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) ini, untuk memastikan tahapan penyusunan dokumen rencana pembangunan daerah sesuai peraturan perundang-undangan.

SIPD melalui e-Planning dihadirkan agar mengurangi potensi penyimpangan maupun celah korupsi selama proses penyusunan dokumen rencana pembangunan daerah. Sementara Kota Kendari ditunjuk sebagai perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara.

(Baca: Cara Standar Gunakan Aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah Kemendagri)

“Alhamdulillah, kita menjadi pilot project untuk e-Planning. Kita sudah dikontak, diminta kesiapan Kota Kendari menjadi salah satu pilot project aplikasi ini. Insya Allah kita lebih dulu menerapkan e-Planning,” ucap Wali Kota Kendari, Sulkarnain, Kamis (9/5/2019).

yamaha

Sulkarnain menjelaskan, aplikasi e-Planning merupakan sistem perencanaan penganggaran secara digital. Saat ini, Kemendagri sedang mempersiapkan peraturannya.

“Ketika DPR ketuk palu, tidak bisa lagi orang masukan usulan di tengah jalan. Kecuali untuk dua hal, yakni masalah kebencanaan dan penanganan kesehatan. Ini dua yang memungkinkan,” terangnya.

Diharapkannya, penerapan aplikasi tersebut terwujud di Kota Kendari agar kerja Pemkot lebih afektif dan efisien. “Kebocoran anggaran bisa kita hindari,” tambahnya. (Adv)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.