KPPN Baubau Serahkan DIPA 2021

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara menyerahkan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) kepada AS Tamrin selaku Wali Kota. Total belanja negara yang direncanakan pada 2021 mencapai Rp 2,750 triliun.

Alokasi belanja kementerian atau lembaga untuk wilayah kerja KPPN Baubau senilai Rp 862,8 miliar akan dialokasikan kepada 16 kementerian/lembaga yang terdiri dari 102 satuan kerja.

Alokasi belanja terdiri dari pagu belanja pegawai Rp 330,3 miliar, belanja barang Rp 228,7 miliar, belanja modal Rp 303,6 miliar. Alokasi pagu berasal dari dana rupiah murni, pinjaman luar negeri, hibah luar negeri, dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), dan penerimaan lainnya.

Sedangkan untuk alokasi transfer ke daerah dianggarkan Rp 946,7 miliar yang, terdiri dari DBH Pajak dan Sumber Daya Alam Rp 151 miliar lebih, Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 2,458 triliun, Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Rp 607,5 miliar, DAK non-fisik Rp 338,2 miliar, Dana Insentif Daerah (DID) Rp 121,5 miliar.

Wali Kota Baubau, AS Tamrin, mengatakan pada 2020 menjadi ujian tersendiri sebab adanya pandemi Covid-19 yang mempengaruhi segala sisi kehidupan. Pandemi mengakibatkan perekonomian global merosot dan mengalami perlambatan. Ha ini juga ikut memengaruhi roda perekonomian di Kota Baubau.

“Berbagai cara dilakukan pemerintah guna memastikan perekonomian dapat kembali normal. Serangkain paket peraturan serta kebijakan diharapkan dapat menstimulus perekonomian nasional maupun perekonomian daerah,” ujarnya, Kamis (10/12/2020).

Setelah DIPA diserahkan, Tamrin harapkan agar APBN dan APBD dapat disusun dan dilaksanakan secara efektif dengan berfokus pada fungsinya sehingga memiliki kualitas yang lebih baik, lebih terukur realisasinya, terutama dalam pemulihan perekonomian sebagai dampak pandemi Covid-19.

“DIPA petikan tahun anggaran 2021 ini diserahkan lebih awal dengan harapan segera dieksekusi. Segera dilakukan tender tidak harus menunggu Januari 2021,” jelas Wali Kota Baubau.

Kepala KPPN Kota Baubau, Nazuar, mengatakan belanja negara direncanakan pada 2021 mencapai Rp 2,750 triliun. Alokasi belanja kementerian atau lembaga untuk wilayah kerja KPPN Baubau senilai Rp 862,8 miliar akan dialokasikan kepada 16 kementerian/lembaga yang terdiri dari 102 satuan kerja.

Penyerahan DIPA turut dihadiri Kepala Kanwil DJPB Sultra Arif Wibawa, Kapolres Kota Baubau AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari, Forkopimda, dan jajaran pimpinan OPD se-Kota Baubau. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.