SULTRAKINI.COM: KENDARI - Direktur Shabara Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra), Kombes Pol Budi Waseno menyatakan rangkaian pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 berlangsung kondusif.

KPU Resmi Tutup Pendaftaran Paslon, Sultra Dinyatakan Kondusif
Kepala Bidang Humas Polda Sultra, AKBP Sunarto (kiri), Dir Shabara Polda Sultra Kombes Pol Budi Waseno (tengah), Kapolres Kendari AKBP Jemi Junaedi (kanan). (Foto: Wayan Sukanta/SULTRAKINI.COM)

Hal tersebut disampaikan kepada sejumlah awak media saat menggelar press realese  terkait pengamanan pendaftaran pasangan calon (Paslon) kepala daerah.

"Berdasarkan data dari lapangan bahwa sejak awal proses pendaftaran Paslon kepala daerah di KPU, pemeriksaan kesehatan, dan tes urine berlangsung kondusif baik di Kabupaten Konawe, Kolaka, dan Kota Baubau," ujar Budi di ruang media center Polda Sultra, Kamis (11/1/2018).

(Baca: Polda Sultra Kerahkan Personil dan Water Canon di KPUD Sultra)

Budi Waseno yang juga menjabat sebagai Kepala Opsda Mantap Praja di Polda Sultra menambahkan, pergereseran personil untuk pengamanan selanjutnya akan difokuskan ke tahap tes psikologi yang pelaksanaanya di Hotel Clarion Kendari pada 14 Januari mendatang.

"Jumlah personil yang kita siapkan untuk tahapan tes psikologi nanti berjumlah 50 orang. Namun hal tersebut dikondisikan, jika terjadinya peningkatan mobilisasi massa, kemungkinan akan ada penambahan personil. Jika seluruh tahapan telah usai, Polda Sultra telah menyiapkan pengawalan khusus terhadap setiap Paslon yang berjumlah dua orang," kata Budi.

Untuk diketahui, tahap pendaftaran Paslon kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Sultra telah ditutup secara resmi pada Kamis (10/1/2018) pukul 00.00 Wita.

Sementara tahap pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Bahteramas Sultra dan tes urine di kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra, masih berlanjut. Kedua tahapan ini berakhir pada Kamis (11/1/2018).

(Baca: BNN Sultra: Empat Calon Kepala Daerah Tes Urine Hari Ke-2)


Laporan: Wayan Sukanta

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations