KPU Sultra Tingkatkan Partisipasi Pemilih Perempuan Melalui Majelis Talim

  • Bagikan
Suasana sosialisasi KPU Sultra kepada ibu-ibu Majelis Talim di Kantor Camat Wua-Wua, Selasa (12/2/2019). (Foto: Humas KPU Sultra).
Suasana sosialisasi KPU Sultra kepada ibu-ibu Majelis Talim di Kantor Camat Wua-Wua, Selasa (12/2/2019). (Foto: Humas KPU Sultra).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra menggelar sosialisasi tatap muka dengan tema “Peran Perempuan dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemilu 2019” kepada ibu-ibu Badan Kontak Majelis Talim (BKMT) di Kantor Camat Wua-Wua, Selasa (12/2/2019).

Ada beberapa hal yang menjadi fokus informasi yang diberikan kepada peserta sosialisasi, yakni pentingnya peran perempuan dalam pemilu dan demokrasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Selain mengingatkan waktu pemungutan uara, jenis dan warna surat suara. Sosialisasio itu juga tentang pengenalan peserta pemilu dan tata cara pindah memilih.

Komisioner KPU Sultra, Al Munardin, mengatakan informasi-informasi kepemiluan perlu disebarluaskan kepada masyarakat termasuk segmen pemilih perempuan.

Segmen perempuan dianggap cukup strategis dalam penyebarluasan informasi kepemiluan yang tentunya akan berdampak pada membaiknya pendidikan politik dan pengetahuan masyarakat terkait pemilu.

“Dengan membaiknya kualitas pemilih, tentu akan berdampak pada peningkatan pengetahuan masyarakat,” ujarnya.

Dipilihnya segmen perempuan pada sosialisasi tersebut, kata Munardin, karena kelompok perempuan memiliki pola komunikasi yang intens di lingkungan keluarga dan lingkungan sosial masyarakat. Sehingga harapannya informasi kepemiluan dapat tersebarluas dengan cepat di masyarakat.

Komisioner KPU, Ade Suaerani, menuturkan sosialisasi tersebut mayoritas Ibu-Ibu BKMT Kecamatan Wuawua sangat memahami hal-hal teknis seputar pemilu 2019.

“Saya cukup kaget dengan pengetahuan peserta sosialisasi yang hampir semua telah mengetahui hal-hal pokok terkait Pemilu kali ini, bahkan di antara mereka sangat tertarik menjadi KPPS di wilayah masing-masing” ujarnya.

Ia juga mengucapkan, banyak terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Wua-Wua khususnya Pengurus BKMT, yang bersedia memfasilitasi kegiatan Sosialisasi tersebut.

“Semoga kegiatan-kegiatan sosialisasi yang telah kita laksanakan dapat berkontribusi meningkatnya kualitas Pemilu,” tandasnya.

Laporan: La Ismeid
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan