SUARA

KPUD Buton Coret Partai Pengusung Umar-Bakry

SULTRAKINI.COM: BUTON – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Buton mencoret Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) sebagai partai pengusung pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry.

Pencoretan satu dari delapan partai pengusung pasangan incumbent ini dilakukan KPUD Buton setelah ditemukan adanya perbedaan tanda tangan surat keputusan (SK) partai.

Komisioner KPUD Buton, La Rusuli, disela pemeriksaan berkas pencalonan Umar – Bakry mengumumkan pencoretan ini melalui mikrofon. Diungkapkannya, tidak diterimanya PKPI sebagai partai pengusung karena tanda tangan surat keputusan (SK) yang tertera tidak sesuai dengan SK Kementrian Hukum dan HAM (Kemenhukam) RI.

“Setelah kami periksa dari delapan partai pengusung Umar – Bakry, ada satu yang kami keluarkan dan cabut dari partai pengusung karena tidak sesuai dengan SK KemenkumHAM,” kata La Rusuli.

yamaha

Konsekuensi dari hal ini, atribut PKPI tidak boleh dimuat dalam kampanye Umar – Bakry. Karena tidak lagi termasuk partai pengusung, tapi hanya sebatas partai pendukung.

“Tidak boleh ada atribut kampanye PKPI yang dimuat dalam alat peraga kampanye, karena ia hanya partai pendukung bukan pengusung, tapi itu semua tidak merubah syarat dukungan syarat pencalonan,” pungkasnya.

Pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry tiba di KPU sekitar Pukul 12.00 Wita. Keduanya langsung melakukan registrasi diikuti delapan Ketua dan Sekretaris DPC Partai Politik (Parpol) pengusungnya.

Setelah registrasi Umar dan Bakry yang hadir di KPUD Buton didampingi istrinya melanjutkan proses pendaftaran dan penyerahan berkas pencalonan yang diterima Ketua KPUD Buton, Alimudin Sikuri untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan.

Dari pantauan SULTRAKINI.COM, setelah KPUD Buton mengumumkan pencoretan salah satu partau pengsuung, proses dilanjutkan dengan penandatangan bukti pencabutan PKPI dari partai pengusung Balon Umar – Bakry di Pilkada Buton 2017 oleh Ketua DPC PKPI Buton, Ngkaaba Hamid dan sekretarisnya dan pasangan Umar – Bakry.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.