SUARA

KPUD Buton Sosialisasi Pilkada di Sekolah

SULTRAKINI.COM: BUTON – Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buton 2017. Ratusan siswa SMAN 2 Pasarwajo mendapatkan sosialisasi dari KPU Buton, Selasa (6/9/2016).

Ketua KPUD Buton, Alimudin Sikuri mengatakan, salah satu tujuan sosialisasi adalah untuk meningkatkan pemilih pemula di Pilkada 2017. “Prinsipnya itu, ya salah satunya agar bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Buton 2017 mendatang,” tandasnya.

Dalam materinya, Komisioner KPUD Buton Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Politik, La Ampera menekankan pentingnya menjadi pemilih cerdas, melalui pemahaman terhadap visi misi setiap pasangan calon. 

yamaha

Selain itu, ia juga menjelaskan proses tahapan partisipasi pemilih pemula mulai dari surat panggilan hinga proses pencoblosan surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Adik-adik jika sudah tiba dihadapan Ketua KPPS maka surat suara yang diberikan jangan lupa dibuka untuk diperiksa ya, jangan sampai ada yang sudah dicoblos ataupun ada yang rusak, nanti sudah dipastikan utuh surat suaranya, pasti Ketua KPPS akan suruh masuk ke bilik suara untuk mencoblos,” jelasnya.

La Ampera mengingatkan para siswa mencoblos satu pasangan calon saja. Karena, jika mencoblos lebih dari satu pasangan calon maka akan dianggap tidak sah atau batal. “Jadi kalau memilih cukup satu pasanga calon saja, karena kalau lebih dari satu, maka itu dianggap batal,” tegasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.