SUARA

KPUD Butur Rekrut Anggota PKK Pertengahan Januari 2020, Perhatikan Batas Usianya

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buton Utara (Butur) akan merekrut 30 orang anggota panitia pemungutan kecamatan (PPK). Perekrutan dimulai pada 18 Januari 2020.

Pengumuman rekrutmen anggota PKK resminya diumumkan pada Rabu, 15 Januari 2020. Sementara pendaftarannya dijadwalkan pada 18-24 Januari mendatang yang diawali dengan pengambilan berkas pendaftaran.

Dijelaskan Ketua KPUD Butur, Hasruddin, bulan Januari ini pihaknya lebih dulu merekrut anggota PKK untuk sebanyak lima orang setiap kecamatan. Selanjutnya, badan ad hoc lainnya akan merekrut panitia pemungutan suara (PPS), lalu kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

“Bulan Januari ini PPK saja dulu direkrut, yang dibutuhkan itu kan lima tiap kecamatan. Di Butur enam kecamatan, berarti 30 yang dibutuhkan,” terang Hasruddin, Rabu (15/1/2020).

Masa kerja anggota PPK, yaitu sembilan bulan, anggota PPS delapan bulan, dan anggota KPPS satu bulan.

Regulasi perekrutan anggota badan ad hoc tidak banyak mengalami perubahan dari sebelumnya. Hanya saja, perekrutan badan ad hoc pada pilkada 2020 diatur batas maksimal usianya, yakni 60 tahun dan batas minimalnya 17 tahun.

yamaha

Syarat lainnya, meliputi harus WNI, setia pada dasar negara, memiliki integritas, tidak menjadi anggota partai politik minimal lima tahun, domisili dalam wilayah kerja tempat calon PPK, sehat dan bebas narkoba, serta pendidikan paling rendah SMA atau sederajat.

Rekrutmen badan ad hoc terbuka untuk umum dan profesional. Bagi yang memenuhi persyaratan dipersilakan mendaftar.

Hasruddin menegaskan, perekrutan badan ad hoc dilakukan secara transparan dan tidak dipungut biaya.

“Perekrutannya ini transparan dan tidak dipungut biaya. Tahapannya itu pendaftaran kemudian seleksi berkas, setelah itu diumumkan siapa yang lolos kemudian tes tertulis,” jelasnya.

Kabupaten Butur merupakan salah satu pelaksana pilkada 2020 dari total tujuh wilayah pelaksana pilkada di Provinsi Sultra. Daerah lainnya, yakni Kabupaten Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Muna, dan Kabupaten Wakatobi.

Laporan: Nely
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.